Mengenal Perbedaan Mesin Common Rail dan Konvensional, Begini Cara Kerjanya

Minggu 23-06-2024,08:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Putri Indah

Common rail adalah pipa yang terbuat dari bahan tahan tekanan tinggi, seperti logam khusus. Bahan bakar disimpan di dalam rail ini dan dipertahankan dalam tekanan konstan.

2. Injektor

Setiap silinder memiliki injektor yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Injektor ini dikendalikan oleh unit pengontrol elektronik (ECU).

3. Unit Pengontrol Elektronik (ECU)

Ini adalah otak sistem yang menerima informasi dari berbagai sensor di sekitar mesin dan mengatur injeksi bahan bakar sesuai kebutuhan.

B. Cara Kerja Mesin Diesel Common Rail

1. Penyimpanan Bahan Bakar

Bahan bakar dari tangki disalurkan ke dalam common rail dan ditekan menjadi tekanan tinggi oleh pompa bahan bakar.

2. Pengukuran dan Pengaturan

Sensor-sensor pada mesin mendeteksi parameter seperti tekanan udara, suhu, dan putaran mesin. Informasi ini diteruskan ke ECU.

3. Penyemprotan Bahan Bakar

ECU menghitung kebutuhan bahan bakar berdasarkan data dari sensor dan memberikan perintah kepada injektor untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder.

4. Pembakaran

Bahan bakar yang disemprotkan ke dalam silinder terbakar oleh panas kompresi, menghasilkan energi yang mendorong piston, poros engkol, dan akhirnya menggerakkan kendaraan.

BACA JUGA:

Mesin Diesel Konvensional

Kategori :