Daftar Negara dengan Turis Paling Royal, Indonesia Peringkat Berapa ya?

Jumat 21-06-2024,20:42 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Perlu diketahui bahwa bea cukai memiliki aturan tersendiri terkait dengan jumlah atau batasan barang dari luar negeri yang bisa masuk ke Indonesia. Umumnya, kamu tidak diperkenankan untuk membawa barang mewah di atas nilai tertentu atau alkohol. Jadi jika melihat barang murah di luar negeri, jangan lupa untuk memikirkan aturan bea cukai.

Jika mengabaikan hal ini, bisa saja kamu harus membayar pajak jauh lebih mahal daripada harga produk. Alhasil, upaya belanja hemat di luar negeri jadi gagal. Bahkan tidak hanya itu, kamu mungkin bisa berurusan lebih panjang dengan bea cukai.

7. Aturan Pajak Negara yang di Kunjungi

Selain memahami aturan pajak di dalam negara, cara belanja murah di luar negeri berikutnya adalah harus mengetahui aturan pajak di negara yang dikunjungi.

Beberapa negara memiliki aturan belanja bebas pajak, artinya, kamu bisa mendapatkan pengembalian pajak setelah melakukan formalitas. Namun, jangan lupa untuk mengambil tanda terima bebas pajak dari toko yang memeriksa paspor.

Dokumen tersebut kemudian diserahkan di loket di bandara atau di kota, dan dalam beberapa minggu, biaya pajak akan dikembalikan setelah dikurangi biaya lain. Dengan begitu, maka kegiatan belanja di luar negeri bisa lebih hemat tanpa pajak.

8. Datangi Tempat yang Tepat untuk Belanja

Setiap negara tentu memiliki jenis pasar berbeda-beda. Ada mall yang berisi barang-barang mewah, ada pula outlet yang menawarkan harga diskon. Jangan salah, kamu mungkin juga bisa menemukan pasar lokal yang menawarkan harga-harga murah.

Oleh karenanya, lakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat yang akan didatangi untuk berbelanja. Jika kamu ingin memburu barang dengan harga-harga murah maka cobalah belanja di pasar lokal. Tenang, pasar lokal yang terkenal di antara para turis biasanya memiliki kualitas yang oke meski harganya terjangkau!

9. Batas Uang Tunai

Cara belanja murah di luar negeri berikutnya adalah membatasi uang tunai. Cara ini dapat membantu kamu meminimalkan pembelian di outlet-outlet yang harus menggunakan uang cash. Meski harganya murah, jika terlalu sering dilakukan pasti akan boncos juga, bukan? Selain itu, belanja di luar negeri pakai kartu kredit juga dianggap lebih praktis daripada uang tunai.

10. Periksa Kartu Kredit

Tidak ada salahnya membawa uang cash, namun sebaiknya kamu sudah menyiapkan cara pembayaran belanja di luar negeri yang lebih praktis, yakni menggunakan kartu kredit. Namun, pastikan bahwa sebelum bepergian, kartu kredit tersebut akan berlaku di negara yang kamu tuju.  

 

 

Turis Thailand berada jauh di bawah Indonesia, yaitu peringkat ke sembilan di antara negara-negara Asia.

Kategori :