Wajib Tahu! Pengertian dan Dampak Penggunaan Ganja Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat 09-08-2024,19:16 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

BACA JUGA:Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya Kompak Mundur dari Jabatannya, Ada yang Tidak Beres?

3. Mengganggu kesehatan mental

Penggunaan ganja yang berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan mental. Sebab, tanaman ini memang terbukti memicu gejala psikosis, seperti halusinasi, ilusi dan euforia. Lambat laun, gejala tersebut bisa berkembang menjadi skizofrenia.

Tidak hanya itu, pemakainya juga cenderung cemas dan mudah mengalami serangan panik. Dalam jangka panjang, efek ini bisa membuat seseorang sulit tidur, mengalami perubahan suasana hati dan berkurangnya nafsu makan. 

4. Sistem peredaran darah

Beberapa saat setelah mengisap ganja, detak jantung akan meningkat hingga 20–50 denyut per menit. Efek ganja yang satu ini dapat berlangsung hingga tiga jam. Bagi penderita penyakit jantung, detak jantung yang lebih cepat ini bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Selain itu, ganja juga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dalam jangka pendek, risiko perdarahan, dan membuat mata menjadi merah karena pelebaran pembuluh darah.

5. Mengurangi kecerdasan kognitif

Orang yang sering mengonsumsi ganja dilaporkan mengalami penurunan dalam hal kemampuan belajar, fokus, hingga mengingat. Hal ini semakin parah jika seseorang mulai menggunakan ganja sejak usia remaja dan berlanjut hingga dewasa.

BACA JUGA:Amalan Doa Sebelum Tidur untuk Lunasi Utang

6. Menurunkan sistem imun

Ganja bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Penelitian juga menunjukkan kalau ganja bisa meningkatkan risiko penyakit yang melemahkan kekebalan tubuh, seperti HIV/AIDS.

Dengan penggunaan Ganja imunitas bisa membuat tubuh semakin sulit melawan infeksi. Alhasil, pemakai tanaman psikotropika ini rentan tertular penyakit maupun sulit sembuh dari suatu penyakit.

7. Gangguan pada sistem saraf

Kandungan THC dalam ganja dapat melepaskan dopamin dalam jumlah besar. Hal ini membuat seseorang yang menggunakan ganja akan merasa senang yang berlebihan.***

Kondisi ini yang bisa menyebabkan timbulnya rasa candu pada penggunaan ganja. Selain itu, ada efek lain dari penggunaan ganja akibat adanya gangguan sistem saraf. 

Kategori :