Ketahui 3 Jenis Kopling Sepeda Motor, Ini yang Digunakan pada Transmisi Matic

Minggu 02-06-2024,19:37 WIB
Reporter : Verly
Editor : Gatot Wahyu

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak jauh berbeda dengan mobil, motor juga memiliki dua jenis transmisi yang saat ini berada dipasaran, yakni transmisi matic dan manual.

Akan tetapi yang menjadi pembeda dengan mobil adalah, tidak semua motor manual menggunakan kopling.

Kopling di motor digunakan untuk perpindahan tenaga dari mesin ke roda sepeda motor. Selain itu, kopling juga dibutuhkan untuk meneruskan perputaran proses engkol ke transmisi dan melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi sewaktu memindahkan gigi.

Namun tahukah kalian jika ternyata kopling ada berbagai jenis, dan apa saja fungsinya? Untuk yang belum tahu, yuk simak terus artikel ini hingga selesai.

BACA JUGA:Pengendara Motor Pasti Gak Asing dengan Jenis-jenis Helm Ini

BACA JUGA:Penggolongan SIM C untuk Kendaraan Bermotor Siap Diterapkan, Pahami Syarat dan Ketentuannya

Jenis dan Fungsi Kopling

Perlu diketahui bahwa kopling sepeda motor terbagi menjadi 3 jenis yakni kopling manual, ada juga kopling sentrifugal, dan juga kopling ganda.

Nah berikut ini fungsi kopling tersebut berdasarkan jenisnya:

1. Sistem Kopling Manual

Sistem Kopling manual adalah mekanisme pemutusan pada tenaga mesin dengan menggunakan beberapa plat kopling yang dioperasikan secara manual melalui sebuah tuas/handle. 

Biasanya tuas kopling ini terletak di handle stang sebelah kiri. Cara kerja kopling manual ini dengan memanfaatkan gesekan antara dua plat kopling. 

Pada saat kedua plat kopling tersebut terhubung maka putaran mesin bisa dilanjutkan ke transmisi. Namun saat tuas kopling ditarik, maka kedua plat ini akan renggang atau tidak saling berhubungan dan otomatis putaran mesin akan terputus.

Kopling manual ini banyak digunakan di motor sport kerena sistem kopling manual menghasilkan kerugian tenaga mesin yang sangat sedikit sehingga tenaga dan kecepatan motor menjadi besar.

2. Sistem Kopling Sentrifugal

Kategori :