Ketahui 3 Jenis Kopling Sepeda Motor, Ini yang Digunakan pada Transmisi Matic

Minggu 02-06-2024,19:37 WIB
Reporter : Verly
Editor : Gatot Wahyu

Kopling ini biasanya disebut juga dengan kopling otomatis. Kopling sentrifugal tidak menggunakan gesekan antara dua plat kopling, namun menggunakan gesekan antara kampas kopling dan rumah kopling. 

Kampas kopling dapat menempel juga merenggang dengan rumah kopling secara otomatis sesuai dengan RPM mesin.

Saat RPM mesin naik atau sewaktu menaikan gas, kopling akan terhubung dan motor dapat berjalan. 

Sistem ini diterapkan pada motor matic, lokasinya ada didekat axle roda belakang setelah unit CVT. Kopling ini akan memutuskan dan menyambungkan tenaga dari driven pully CVT ke as roda.

BACA JUGA:12 Tips Membeli Motor Bekas Terbaik dengan Aman dan Berkualitas

BACA JUGA:6 Tips Posisi Duduk saat Naik Motor Agar Nyaman dan Tidak Gampang Pegal

3. Sistem Kopling Ganda

Kopling ganda artinya sistem ini memiliki dua unit kopling (double clutch) sekaligus. Sebuah kopling sentrifugal akan diletakkan setelah poros engkol sebagai kopling primer, dan satu unit kopling manual akan diletakkan didepan transmisi sebagai kopling sekunder.

Masing-masing unit memiliki fungsi masing-masing, kopling prime akan bertugas  memutuskan tenaga mesin saat RPM rendah dan menyambungkan tenaga mesin ketika saat RPM naik secara otomatis. Sementara kopling sekunder berfungsi untuk memutuskan tenaga ketika terjadi perpindahan gigi.

Tipe kopling ini banyak digunakan pada motor bebek dengan transmisi manual namun tidak memiliki tuas kopling. Secara penggunaan jenis kopling ini lebih mudah karena tidak perlu tarik ulur tuas kopling. Kamu hanya perlu menghidupkan mesin kemudian masukkan gigi lalu tari gas yang kencang.

 

Kategori :