Dijamin Ampuh, Begini Strategi Menabung untuk Gaji UMR Jakarta 2024

Minggu 12-05-2024,15:06 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Dery Sutardi

Lalu, bagaimana cara membiasakan hidup hemat? Setiap orang mungkin memiliki cara masing-masing. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu contoh, misalnya:

- Membuat anggaran keuangan

- Memprioritaskan kebutuhan dasar

- Menggunakan transportasi murah

- Menggunakan marketplace untuk belanja lebih murah atau berbelanja di tempat-tempat yang relatif murah

- Memasak di rumah (jangan terlalu sering membeli makanan di luar)

- Membawa bekal makanan ke kantor

- Hemat penggunaan listrik dan air

- Memperhatikan batasan akses hiburan

- Membeli barang yang dibutuhkan dan menjual yang tidak digunakan, jangan terlalu impulsif!

Penting untuk mengalokasikan pengeluaran yang kurang diperlukan untuk menabung. Pernahkah kamu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting?

BACA JUGA:

Jika ya, lebih baik gunakan uang tersebut untuk ditabung! Mengetahui prioritas dan non-prioritas sangatlah penting, karena hal ini akan memberikan lebih banyak ruang bagi kamu untuk menabung atau mengalokasikan dana untuk tujuan yang lebih esensial.

Kamu dapat mengalokasikan sebagian dari penghematan yang kamu peroleh dari pengeluaran yang tidak perlu untuk menambah dana tabungan.

Namun, sebaiknya langkah ini hanya diambil jika kamu sudah memiliki dana darurat yang memadai dan telah memenuhi kebutuhan dasar serta tujuan finansial yang lebih penting.

Meskipun menabung dengan gaji UMR mungkin lebih menantang daripada menabung dengan gaji yang lebih tinggi, tetaplah penting untuk melakukannya.

Kategori :