Jembatan Francis Scott Key di Baltimore Runtuh Usai Ditabrak Kapal Kargo, 20 Korban Diduga Tenggelam ke Sungai

Rabu 27-03-2024,11:50 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Putri Indah

Sesampainya di dekat jembatan, kepulan asap hitam mulai terlihat diiringi lampu yang berkedip-kedip. Kapal lalu menghajar salah satu tiang penyangga jembatan hingga menyebabkan struktur runtuh.

"Orang-orang ini adalah pahlawan. Mereka telah menyelamatkan banyak nyawa tadi malam," ucap Wes Moore. 

Para pejabat mengatakan kapal tersebut mengeluarkan peringatan mayday karena keluar jalur dan tampaknya kehilangan tenaga, yang menurut para pejabat Baltimore memungkinkan mereka untuk mencegah lebih banyak kendaraan memasuki jembatan.

Kapal itu kemudian tampak terbakar ketika sebagian jembatan runtuh di atasnya, menimbulkan kepulan asap hitam tebal ke udara.

Dua orang telah diselamatkan, dengan salah satu dari mereka terluka parah dan dalam kondisi kritis, kata para pejabat pada konferensi pers menjelang fajar. Ada laporan bahwa ada pekerja di jembatan yang sedang melakukan pemeliharaan dasar jalan ketika tabrakan terjadi.

Suhu di sungai itu sekitar 47 Fahrenheit (8 Celcius) pada Selasa dini hari, menurut pelampung yang mengumpulkan data untuk Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Dari tempat yang menguntungkan di dekat pintu masuk jembatan, sisa-sisa rangka bajanya yang bergerigi terlihat menonjol dari air, dengan jalan landai berakhir secara tiba-tiba di tempat bentang awalnya dimulai.

"Semua jalur ditutup kedua arah karena kejadian di Jembatan Kunci I-695. Lalu lintas dialihkan," kata otoritas transportasi Maryland memposting di X. "Jembatan Kunci I-695 runtuh karena tertabrak kapal. Adegan aktif," tambahnya kemudian.

Kategori :