8 Buah Kaya Vitamin B untuk Menjaga Imunitas Tubuh, Mulai Konsumsi Yuk!

Senin 25-03-2024,08:02 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Lebrina Uneputty

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Vitamin B adalah sekelompok vitamin penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Mengonsumsi buah kaya vitamin B adalah cara yang alami dan lezat untuk menjaga imunitas tubuh. Buah-buahan ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral lain yang penting untuk kesehatan tubuh.

Dikutip Radarpena dari ncbi.nlm.nih.gov, vitamin B terdiri dari delapan vitamin yang larut dalam air yang melakukan peran penting dan saling terkait erat dalam fungsi sel, bertindak sebagai ko-enzim dalam beragam reaksi enzimatik katabolik dan anabolik. 

Tubuh butuh asupan vitamin B setiap harinya. Ketika asupan ini tidak terpenuhi, akan dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Berikut adalah 8 buah kaya vitamin B yang dapat membantu menjaga imunitas tubuh:

BACA JUGA:

1. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin B6, folat, dan vitamin C. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang melawan infeksi. 

Folat penting untuk produksi sel darah merah dan putih, serta DNA. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Jeruk juga mengandung folat.

Tak hanya itu, jeruk mirip dengan lemon, memiliki enam dari delapan varian vitamin B, termasuk B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam pantotenat), B6 (Piridoksin), dan B9 (Asam folat).

3. Apel

Dikutip dari MedicineNet, apel merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin B, terutama vitamin B12 yang tinggi. 

Sebagai contoh, sebuah apel berukuran standar dapat menyediakan sekitar 4%-5% dari kebutuhan harian akan Riboflavin (vitamin B2).

Kategori :