Mengenal Sindrom Kardiometabolik dan Efeknya Bagi Kesehatan

Minggu 25-02-2024,22:32 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Dery Sutardi

3. Lemak ektopik

Akumulasi lemak ektopik di hati sel otot dikaitkan dengan resistensi insulin pada jaringan tersebut. Peningkatan kandungan lemak intrahepatik dikaitkan dengan resistensi insulin hepatik dan gangguan penekanan glukosa hati yang dimediasi produksi insulin.

4. Protein sektori jaringan adipose

jaringan adipose menghasilkan beberapa sitokin inflamasi (adipokin) dapat memicu resistensi insulin , dan adiponektin yang menigkatkan sensitivitas insulin.

Sebagai contoh, tumor necrosis factor - alpha menekan pensinyalan insulin, peningkatan interleukin - 6 secara langsung atau dengan merangsang produksi protein c-reaktif hati.

5. Peningkatan tekanan darah

Hubungan antara resistensi insulin dan hipertensi sudah banyak diketahui. Asam lemak dapat menyebabkan vasokontriksi. Selain itu, resistensi insulin bisa meningkatkan tekanan darah karena insulin merupakan vasodilator, dan hiperinsulinemia meningkatkan penyerapan sodium. 

Oleh karena sindrom kardiometabolik ini meningkatkan risiko kematian , mari kita bersama-sama melakukan pencegahannya dengan makan dengan gizi seimbang, istirahat cukup dan olahraga teratur. 

 

Kategori :