Perang Rusia-Ukraina: Putin Berhasil Rebut Avdiivka Sebagai Tanda Kemenangan, Kyiev Tarik Mundur Pasukan

Senin 19-02-2024,18:10 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

diketahui produsen minuman bersoda terbesar di Ukraina sebelum perang itu sekarang hancur, yang juga merupakan benteng terakhir Avdiivka.

BACA JUGA:Rusia Mengutuk Serangan AS ke Irak dan Suriah hingga Tewaskan 39 Orang

BACA JUGA:Usai Putusan ICJ, Netanyahu: 'Kami Akan Lanjutkan Perang Sampai Menang Mutlak!'

Mengenal Kota Avdiivka

Avdiivka, sebuah kota industri kecil di wilayah timur Donbas, telah menjadi simbol perlawanan Ukraina terhadap agresi Rusia sejak tahun 2014.

Kota ini dekat dengan kota Donetsk, yang dikuasai kelompok separatis pro-Rusia sebagai ibu kota mereka dan tempat para pejuang dukungan Moskow mengambil alih kekuasaan pada Juli 2014 sebelum pasukan Ukraina kembali mengambil kendali.

Kota ini kini sebagian besar telah hancur dan terbengkalai, dengan sebagian besar penduduk sebelum perang yang berjumlah sekitar 34.000 jiwa telah mengungsi.

"Avdiivka telah menjadi simbol tekad Ukraina di medan perang dan kegagalan militer Rusia,” kata analis Ivan Klyszcz dari Pusat Pertahanan dan Keamanan Internasional yang berbasis di Estonia seperti dilansir dari The Moscow Times. 

"Secara strategis tidak signifikan,” tambah Gustav Gressel, peneliti kebijakan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa.

"Bagi Vladimir Putin, yang terpilih kembali sebagai presiden Rusia pada bulan Maret dan sudah dipastikan akan diberangus atau diasingkan oleh oposisi, Avdiivka adalah kemenangan yang signifikan," menurut Institute for the Study of War yang berbasis di AS.

Kategori :