Anggota KPPS Wajib Tahu Kelengkapan Logistik Pemilu 2024 yang Diatur KPU RI

Kamis 08-02-2024,16:46 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjadi anggota KPPS merupakan pengalaman penting sebagai pengawal keberlangsungan dan kelancaran pemilihan umum (pemilu) 2024.

Selama pemungutan suara, anggota KPPS memiliki tugas untuk membantu pemilih dalam proses pencoblosan dan memastikan keamanan serta ketertiban di tempat pemungutan suara.

Selain itu mereka juga harus memastikan bahwa setiap pemilih dapat memberikan suaranya dengan bebas dan tanpa tekanan.

Anggota KPPS juga bertugas untuk memastikan keberlanjutan dan keamanan surat suara selama proses pemungutan.

 

BACA JUGA:Asik! Tidak Hanya Gaji Naik, Anggota KPPS Pemilu 2024 Juga Dapat Uang Pulsa

BACA JUGA:Ini Rincian Gaji KPPS Dalam Negeri dan Luar Negeri

 

Diketahui Pemilihan Umum 2024 akan digelar serentak pada tanggal 14 Februari 2024. Salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan Pemilu adalah logistik Pemilu yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Logistik Pemilu meliputi perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan buku panduan KPPS. Logistik Pemilu harus disiapkan dengan baik agar proses pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan lancar, transparan, dan akurat.

Logistik Pemilu 2024

Dikutip dari situs resmi KPU, logistik Pemilu 2024 terdiri dari:

  • Perlengkapan pemungutan suara: Kotak suara, Surat suara, Tinta, Bilik pemungutan suara, Segel, dan Alat untuk mencoblos pilihan.
  • Dukungan perlengkapan lainnya: Sampul kertas, Tanda pengenal KPPS/KPPSLN, Tanda pengenal petugas keamanan TPS/TPSLN, Tanda pengenal saksi, Karet pengikat surat suara, Lem/perekat, Kantong plastik, Ballpoint/pulpen, Gembok, Spidol, Formulir untuk berita acara dan sertifikat, Stiker nomor kotak suara, Tali pengikat alat pemberi tanda pilihan, dan Alat bantu tunanetra.
  • Buku panduan KPPS: Buku yang berfungsi sebagai panduan kerja untuk kelompok KPPS dalam melaksanakan prosedur pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

 

BACA JUGA:Pecahkan Rekor MURI! Pelantikan Serentak KPPS DKI Jakarta Terbanyak Se-Indonesia

BACA JUGA:Pahami Tugas dan Tanggung Jawab Masing-Masing Petugas KPPS di Pemilu 2024

Kategori :