Tips Menghilangkan dan Memblokir Iklan yang Mengganggu di HP Android!

Senin 22-01-2024,15:59 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Iklan yang sering muncul tiba-tiba (pop up) atau bahkan tak sengaja ke klik ketika kita sedang menggunakan HP. Jika dirasa sudah sangat mengganggu, sebetulnya ada cara tertentu untuk menghapus iklan di android. 

Iklan pop-up pada Android berasal dari aplikasi yang sering digunakan dan browser. Pop up iklan di layar perangkat dapat mengganggu aktivitas browsing.

Contohnya saja pop up iklan melalui search engine atau mesin pencarian. Kita bisa mencari informasi apapun melalui mesin pencarian di Google.

Di antaranya bisa dengan memblokir lewat browser Chrome, home screen, serta wallpaper pada HP Android apa saja, termasuk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan merek lainnya. 

BACA JUGA:

Aplikasi yang kebanyakan punya rating rendah di Play Store ini dapat mengandung virus dan malware yang membahayakan keamanan data di hp Android. 

Simak ulasan pada artikel di bawah ini terkait cara menghapus iklan di HP android. 

Cara Menghapus Atau Memblokir Iklan di HP Android

Blokir iklan di Chrome

  • Buka Google Chrome di aplikasi Android
  • Klik menu tiga titik di sisi kanan atas untuk membuka “Settings”
  • Gulir ke bawah sampai menemukan “Site Settings”
  • Pilih “Pop-ups and redirects” dan gulir toggle untuk mengaktifkan pemblokiran iklan-iklan pop-up
  • Kembali ke “Site Settings” dan pilih “Ads”
  • Gulir ke kanan untuk mengaktifkan toggle “Ads” yang membuat iklan-iklan berbahaya tak muncul ke permukaan

 

Menu Security di Settings

Hal yang paling ditakutkan dari iklan di hp adalah masuknya virus atau malware dari aplikasi berbahaya. Beberapa iklan di hp Android bisa “menipu” pengguna untuk instal aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi tersebut punya rating rendah di Play Store dan tidak dibutuhkan oleh pengguna. Untuk mencegah hp Android instal aplikasi dari sumber yang tidak jelas, Anda bisa blokir akses instal aplikasi dari luar Play Store melalui menu Security di Settings. Caranya masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Kemudian masuk ke menu Security lalu ke Privacy. Jangan izinkan hp untuk instal aplikasi dari sumber tidak diketahui (Unknown Source).

 

Blokir iklan di Home Screen HP Android

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi yang diinstal akan memunculkan iklan-iklan tersebut. Aplikasi akan membuat trik agar pengguna membuka izin (permission) untuk mendapatkan iklan di home screen. Ini cara memblokirnya:

  • Tekan dan tahan ikon aplikasi dan buka menu info yang terbuka
  • Gulir hingga menemukan opsi “Display over other apps”
  • Gulir untuk mematikan toggle “Allow display over other apps”
Kategori :