7 Manfaat Membaca Pada Anak, Jaminan Mutu Anak Punya Masa Depan Cemerlang

Kamis 18-01-2024,06:21 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Manfaat membaca buku bagi anak yang ketiga adalah memberi mereka kosakata hingga mereka dapat mengenali bagian-bagian ucapan dan elemen bahasa lainnya.

Anak-anak belajar berbicara dari apa yang mereka dengar. Itulah sebabnya sebagai orang tua, Anda tidak boleh berbicara sembarangan.

Akan sangat mudah bagi anak mengulang kosakata yang Anda ungkapkan, apalagi kalau itu adalah kata-kata yang ‘buruk’, Anda juga akan kesulitan menghapusnya dari ingatan mereka.

Ketika Anda membaca buku bersama Anak, mereka akan mendengar struktur bahasa dan penggunaan tata bahasa yang baik dan secara alami akan menirunya.

Anak akan memperoleh pemahaman tentang pengetahuaan penerapan pada kata kerja, preposisi, konjungsi, dan jenis kata lainnya.

Sebab inilah salah satu manfaat membaca bagi anak SD, dan akan lebih mudah bagi mereka menyerap pelajaran terkait pola bahasa di sekolah.

Mereka tidak hanya akan memiliki kosakata yang lebih luas tetapi juga keterampilan berbicara dan penggunaan tata bahasa yang baik.

 

4. Melatih Keterampilan Berpikir Anak 

Saat Anda membaca dengan anak, Anda mungkin sering melihat mereka mendengarkan cerita dengan diam dan seksama, padahal mereka sedang berpikir.

Saat Anda bilang “Kancil melompat dari satu buaya ke buaya lain,” sambil menunjukkan gambar kancil yang sedang melompat ke atas punggung buaya. 

Anak sedang asik memvisualisasikan bagian itu di kepala mereka. Apa warna bulu kancil, bagaimana kancil yang kecil bisa melompat hingga punggung buaya berwarna hijau yang penuh duri. 

Ini juga adalah waktu yang tepat untuk mengajukan pertanyaan kepada mereka dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

Minta mereka untuk memprediksi, menganalisis, memberikan pendapat dan menyarankan solusi untuk masalah.

Manfaat membaca buku bagi anak ini dapat mengubah aktivitas pasif menjadi aktivitas yang menarik dan melatih kemampuan berpikir kritis anak.

 

Kategori :