7 Manfaat Membaca Pada Anak, Jaminan Mutu Anak Punya Masa Depan Cemerlang

Kamis 18-01-2024,06:21 WIB
Reporter : Dimas Satriyo
Editor : Dimas Satriyo

Kedekatan saat membaca untuk anak Anda adalah pengalaman yang menyenangkan baginya, jadi ia akan memiliki sikap positif terhadap membaca ketika nanti beranjak dewasa.

 

2. Melatih Kosakata Anak 

Saat membaca bersama anak, mereka akan dengan cepat menangkap kosakata yang Anda bunyikan.

Semakin banyak tema buku yang Anda bacakan misalnya buku tentang teman, makhluk laut, atau petualangan seorang penjelajah, maka semakin banyak juga kosakata yang dapat diingat.

Ini karena setiap buku dengan tema berbeda memiliki kumpulan kosakatanya sendiri.

 

3. Melatih Pola Bahasa Anak 

Anak-anak belajar berbicara dari apa yang mereka dengar. Itulah sebabnya sebagai orang tua, Anda tidak boleh berbicara sembarangan.

Akan sangat mudah bagi anak mengulang kosakata yang Anda ungkapkan, apalagi kalau itu adalah kata-kata yang ‘buruk’, Anda juga akan kesulitan menghapusnya dari ingatan mereka.

Manfaat membaca buku bagi anak yang ketiga adalah memberi mereka kosakata hingga mereka dapat mengenali bagian-bagian ucapan dan elemen bahasa lainnya.

Anda tidak perlu khawatir, tentang pengetahuan mereka pada kata kerja, preposisi, konjungsi, dan jenis kata lainnya.

Sebab inilah salah satu manfaat membaca bagi anak SD, dan akan lebih mudah bagi mereka menyerap pelajaran terkait pola bahasa di sekolah.

Mereka tidak hanya akan memiliki kosakata yang lebih luas tetapi juga keterampilan berbicara dan penggunaan tata bahasa yang baik.Manfaat Membaca Buku Bagi Anak Usia Dini Hingga SD

 

Berikut beberapa manfaatnya yang perlu Ibu & Ayah tahu

Kategori :