Wasiat Almarhum Rizal Ramli Minta Dimakamkan Tanpa Upacara Resmi Kenegaraan

Sabtu 06-01-2024,14:33 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Ekonom Indonesia Dr. Rizal Ramli sudah pergi meninggalkan kita. Almarhum telah di Makamkan di Tempat Pemakaman Umum  (TPU) Jeruk Purut Jakarta. Pemakaman almarhum, dilaksanakan biasa saja tanpa ada upacara kenegeraan secara resmi guna menuruti wasiat beliau. 

Semasa hidup almarhum pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI di Kabinet Presiden RI Soesilo Bambang Yudhono (SBY). Sebagai mantan Pejabat negara almarhum layak dimakamkan dengan upacara resmi negara. 

Dr Rizal Ramli tercatat sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman antara 27 Agustus 2015 sampai dengan 27 Juli 2016 alias sampai selama 1 tahun.  

Rizal Ramli lahir di Padang Provinsi Sumatera Barat 10 Desember 1954 dan Meninggal dunia pada 2 Januari 2024 di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo akibat sakit. Almarhum wafat meninggalkan 3 orang anak, dua perempuan dan satu orang laki-laki.

Sejumlah kerabat, sanak saudara , dan anak almarhum mengantar kepergiannya seraya memanjatkan doa agar alrmhum diterima amal ibadahnya, disisi Allah SWT. 

BACA JUGA:Rhoma Irama, Musisi Legendaris Perjuangkan Moderasi Beragama melalui Musik

BACA JUGA:Keluarga Ungkap Rizal Ramli Tak Dimakamkan Secara Kenegaraan, Ternyata Ini Alasannya...

 

Perwakilan Keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang mengatakan pemakaman almarhum di TPU Jeruk Purut tanpa ada ucapacara resmi kenegaraan karena itu sesuai wasiat dari almarhum. 'Almarhum wasiatnya seperti itu minta dimakamkan secara biasa saja, meski dia pernah menjadi pejabat negara.

Almarhum dimakamkam satu liang dengan jasad istrinya, Hera. ''Almarhum minta tidak dimakamkan secara kenegaraan,karena itu wasiatnya dan memang dia dekat dengan semua orang, ''tukasnya. 

Yosef juga menambahkan, dulu almarhum sempat disodorkan form untuk  pensiun sebagai Menteri, dia menolak semua, karena kata dia jabatan itu hanya amanah.

Dengan begitu dari negara memberi peran, tapi kami atas nama keluarga kata Yosef mengucapkan terima kasih.

Selain pernah menjadi Menteri Dr. Rizal Ramli juga seorang ekonom terbaik yang dimiliki Bangsa Indonesia. Banyak sekali ide-idenya yang terasa masih relevan untuk  Pembangunan Bangsa Indonesia sekarang ini.

Beliau adalah juga seorang Politisi dan aktivis pergerakan Mahasiswa Indonesia tahun 1977 sampai dengan 1978. 

Semasa hidup Rizal Ramli, menempuh pendidikan di luar Negeri yakni di Universitas Boston Amerika Serikat. Rizal juga dikenal pakar dalam bidang ekonomi dan piawai pula dalam menekuni perjalanan politiknya. 

Kategori :