Pengamat Bisnis: Prospek Kinerja Tokopedia Dinilai Lebih Cerah Usai Diakuisisi Tiktok

Jumat 15-12-2023,18:00 WIB
Reporter : Verly
Editor : Dimas Satriyo

Tetapi juga berbicara masalah pendukungan UMKM, yang lebih tepat dan sesuai adalah Bukalapak dan bukan GOTO. 

Meski begitu, kata dia, keduanya sepakat mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). "Kalau kita ingin ngomongin UMKM, of course leader-nya sekarang Bukalapak bukan GoTo, saya rasa sekarang semua orang melihat e-commerce tuh potensinya di Tier 1 lebih tinggi," tuturnya.

Maka dari itu, jika Tokopedia (Tokped) dan Tiktok Shop ingin menggarap UMKM menurutnya akan lebih susah dengan Branding Tokopedia.

Namun bukan berarti tidak bisa, menurut Cristopher dengan keuangan yang dimiliki oleh Tokopedia saat ini, dirasanya akan lebih mudah untuk menarik minat UMKM bergabung.

Tetapi kembali lagi diingatkan, bahwa pemain utama tentang UMKM masih dipegang oleh paltform Bukalapak.

"Of course (garap UMKM) ini strategi paling baik. Itu karena, Tier 1 lebih besar, kontribusinya UMKM ke GDP capai 61 persen," ungkap Christopher.

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja Terbaru S1 dan S2 untuk Tiktok Indonesia, Simak Selengkapnya di Sini

BACA JUGA:Aprindo Minta TikTok Shop Gandeng UMKM jika Kembali Buka di Indonesia

Kerjasama Tiktok Shop dan Tokopedia

Sebelumnya diberitakan, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok resmi mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

Patrick Walujo selaku Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk bakal memimpin transisi integrasi kedua entitas tersebut.

TikTok diketahui akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. 

Melalui kesepakatan tersebut, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024.

"Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok," mengutip keterangan resmi manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023. 

Peluncuran bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Kategori :