Jangan Digoreng, Ini 5 Cara Memasak Ikan yang Paling Sehat Tanpa Menghilangkan Nutrisi

Selasa 14-11-2023,15:00 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Dimas Satriyo

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Semua pasti berpendapat kalau ikan merupakan makanan yang sangat sehat. Karena itu, makan ikan sangat disarankan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Ikan merupakan makanan hewani yang mengandung protein tinggi, tetapi rendah lemak yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Terkadang, banyak orang yang mengolah ikan tanpa mengetahui teknik yang benar, seperti bagaimana cara memasak ikan yang paling sehat tanpa menghilangkan nutrisi.

Yang pasti, sebelum diolah, ikan harus dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Anda juga perlu membuang sisik, insang, dan isi perut saat mencucinya.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memasak ikan yang paling sehat agar tidak menghilangkan nutrisi do dalamnya.

Untuk itu, simak cara pengolahan ikan yang bisa Anda lakukan agar tetap terjaga kandungan nutrisi di dalamnya, seperti dirangkum dari laman hello sehat berikut ini.

BACA JUGA:

1. Panggang

Metode panggang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu memanaskan oven pada suhu yang tepat, lalu memasukkan ikan yang sudah dibumbui ke dalam oven. 

Ikan akan matang dengan sempurna dan tetap lezat. Metode ini tidak memerlukan penambahan minyak atau lemak tambahan, sehingga nutrisi dalam ikan tetap terjaga. 

Panggang ikan pada suhu sekitar 180-200 derajat Celsius selama sekitar 10-15 menit. Anda juga bisa menambahkan sedikit air, jeruk nipis, atau bumbu lain untuk memberikan rasa yang lebih segar pada ikan panggang.

2. Kukus

Metode kukus adalah cara yang baik untuk memasak ikan dengan tetap mempertahankan nutrisinya. 

Kukus ikan dapat menjaga kelembutan dan kelezatan ikan, serta memastikan bahwa nutrisi penting seperti omega-3 dan vitamin tidak hilang selama proses memasak. 

Anda hanya perlu menyiapkan panci kukusan dengan air yang mendidih, meletakkan ikan di atas rak pengukus, dan menutupnya. 

Anda bisa menambahkan jahe, garam, minyak wijen, bawang putih, cabai, daun bawang, serta garam. Biarkan ikan kukus selama sekitar 10-15 menit atau hingga matang sempurna.

BACA JUGA:

3. Tumis

Kategori :