Sungai Nil Masuk Guinness World Records Sebagai Sungai Terpanjang di Dunia, Berikut Daftarnya:

Senin 23-10-2023,13:58 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

Sungai Kuning atau Huang He merupakan sungai dari China yang kembali masuk 10 besar sungai terpanjang di dunia. Panjang Sungai Kuning mencapai 5.464 km. Disebut Sungai Kuning karena airnya membawa lumpur yang memberi warna kuning kecokelatan.

Sungai Kuning berperan sebagai sumber air yang penting di wilayah Barat Laut dan Cina Utara, melindungi keamanan dan stabilitas ekologi setempat.

Sungai Ob-Irtysh

Sungai Ob-Irtysh atau singkatnya Sungai Ob adalah satu dari sungai utama Siberia. Ini mengalir ke Laut Arktik dan memiliki panjang 5.410 km. Sungai Ob berfungsi sebagai jalur air utama yang dapat dilayari untuk pengangkutan kargo dari pedalaman Rusia ke pusat-pusat perdagangan utama dan kota-kota besar.

Sungai Parana

Sungai Parana diambil dari frasa Tupi yaitu "Para Rehe Onava" yang memiliki arti seperti laut. Sungai ini berada di Amerika Selatan dengan memiliki panjang 4.880 km. Sungai ini menjadi sungai terpanjang ke-8 di dunia sekaligus ke-2 di Benua Amerika.

Sungai ini menjadi perbatasan antara dua negara yakni Argentina dan Uruguay yang dijadikan sebagai jalur air dan jalur perdagangan.

Sungai Kongo

Sungai Kongo sebelumnya dikenal dengan nama Sungai Zaire. Berada di Afrika, sungai ini adalah sungai satu-satunya yang melewati ekuator sebanyak dua kali. Fakta unik dari Sungai Kongo, sungai ini menjadi sungai terpanjanng ke sembilan di dunia.

Dengan memiliki panjang 4.700 km, sungai ini juga sungai terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 700 kaki atau sekitar 213 m. Selain itu, sungai ini menjadi sungai terpanjang kedua di Afrika.

Sungai Amur

Dikenal juga dengan nama Heilong Jiang (artinya 'sungai naga hitam'), Sungai Amur adalah sungai terpanjang di dunia ke-10 dan menjadi Sungai terpanjang ke-4 di Asia. Sementara Amur, bila diterjemahkan adalah 'air'. Panjang sungai ini yakni 4.480 km. Sungai Amur berfungsi sebagai jalur transportasi untuk produk pertanian dan bahan mentah.

Kategori :