Sungai Nil Masuk Guinness World Records Sebagai Sungai Terpanjang di Dunia, Berikut Daftarnya:

Senin 23-10-2023,13:58 WIB
Reporter : Verly
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sungai Nil disebut sebagai sungai terpanjang di dunia. Sumber utamanya adalah Danau Victoria di Afrika tengah timur. Dari aliran terjauh di Burundi, panjangnya mencapai 6.695 km (4.160 mil).

Dua sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil, yang mengalir ke Mediterania, dan Amazon, yang mengalir ke Atlantik Selatan. Manakah yang lebih panjang lebih merupakan masalah definisi daripada pengukuran sederhana.

Baru pada tahun 1971 sumber sebenarnya dari Amazon ditemukan, oleh Loren McIntyre (AS) di Andes yang tertutup salju di Peru selatan.

Amazon dimulai dengan danau dan sungai yang tertutup salju—sumber sebenarnya diberi nama Laguna McIntyre—yang menyatu membentuk Apurimac.

BACA JUGA:

Aliran ini bergabung dengan aliran lain menjadi Ene, Tambo dan kemudian Ucayali. Dari pertemuan Sungai Ucayali dan Marañón, sungai ini disebut Amazon sepanjang 3.700 km (2.300 mil) terakhir yang mengalir melalui Brasil ke Samudra Atlantik.

Amazon memiliki beberapa muara yang melebar ke arah laut, sehingga titik pasti ujung sungai tersebut tidak diketahui secara pasti. Jika muara Par (mulut terjauh) dihitung, panjangnya kira-kira 6.750 km (4.195 mil).

Mengutip dari artikel tirto.id, Sungai Nil setiap tahunnya mengalami banjir yang menyebabkan daerah kanan-kirinya menjadi lembah yang subur dengan luas mencapai 15-50 kilometer.

Lembah Sungai Nil dikelilingi gurun, sebelah timur sekitar tepi Laut Merah berupa gurun Arabia, batas selatan di Sudan berupa gurun Nubia, batas barat adalah Gunung Libya, dan batas utara adalah Laut Tengah.

Sungai Nil dapat dikatakan sebagai pendukung terbesar perkembangan kebudayaan dan penopang kehidupan masyarakat Mesir Kuno. Selain pemanfaatan Sungai Nil sebagai pengairan pertanian, masyarakat Mesir Kuno juga menggunakannya sebagai tempat perdagangan dan pelayaran.

BACA JUGA:

Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Selain Sungai Nil yang menempati posisi pertama hingga masuk Guinness World Records , masih ada beberapa sungai yang terdaftar sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai adalah air yang mengalir dan bermuara ke lautan.

Biasanya air sungai bersifat tawar, sampai muncul peradaban manusia hingga mengalami perkembangan. Itulah awal mula sebutan pemukiman yang berasal dari pinggiran sungai.

Berikut kami rangkum sungai-sungai yang terdaftar sebagai sebagai sungai terpanjang di dunia, selain daripada sungai Nil:

Sungai Amazon

Kategori :