Obat Tidur Alami Yang Dapat Bantu Kamu Atasi Insomnia, Simak Yuk!

Sabtu 21-10-2023,14:30 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Dimas Satriyo

RADARPENA.CO.ID - Tidur merupakan keadaan di mana tubuh dan otak beristirahat dan memulihkan diri selama beberapa jam setiap malam.

Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena selama tidur tubuh melakukan proses penting. Tubuh akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, mengurangi stres, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mengatur hormon.

Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk, yang dikenal sebagai susah tidur atau insomnia.

Demi mengatasi insomnia ada yang mengonsumsi obat tidur yang mengandung bahan kimia. Cara tersebut berbahaya dan dapat memberikan efek samping buruk pada tubuh.

Selain itu, banyak juga yang membeli obat tidur di apotek tanpa resep dokter. Padahal, itu bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi masalah gangguan tidur.

BACA JUGA:

Insomnia bisa terjadi karena banyak faktor. Mulai dari mengonsumsi terlalu banyak kafein, stres yang tidak terkelola dengan baik, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Nah, untuk kamu yang sering merasakan kesulitan tidur maupun gangguan insomnia, terdapat sejumlah rekomendasi obat tidur alami yang bisa kamu coba. Simak yuk!

 

  • Teh Bunga Chamomile

Chamomile merupakan obat tidur alami yang diperaya ampuh mengatasi insomnia sejak zaman dahulu. Anda bisa menemukan bahan alami ini di pasaran yang telah diolah menjadi teh, ekstrak, hingga minyak aromatik. Teh bunga chamomile dikenal sebagai obat tidur alami lantaran mampu menenangkan tubuh seseorang. Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan susu, madu atau irisan lemon supaya tubuh lebih sehat dan bugar ketika bangun pada pagi hari.

 

  • Akar Valerian

Valerian adalah jenis tanaman bunga yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Akar tanaman ini digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi gejala kecemasan, depresi, menopause, hingga susah tidur. Maka dari itu, tidak mengherankan jika bila akar valerian dapat dijadikan pilihan obat tidur herbal. Hal ini juga didukung oleh sebuah ulasan dalam Journal of Menopausal Medicine, yang menyebutkan bahwa kualitas tidur dan gejala gangguan tidur pada wanita menopause dan pascamenopause membaik setelah mengonsumsi valerian. Namun, hasil penelitian tersebut bergantung pada pengukuran subjektif, yaitu mengandalkan perspektif peserta daripada pengukuran objektif, seperti gelombang otak atau detak jantung. 

 

  • Nature’s Plus Dynomins Magnesium  

Magnesium merupakan nutrisi yang memiliki beberapa peran untuk mendukung kerja tubuh, salah satunya adalah sistem saraf. Konsumsi magnesium dapat membuat tidur lebih mudah dan nyenyak. Salah satu suplemen magnesium yang dapat Anda coba adalah Nature’s Plus Dynomins Magnesium. Suplemen ini dapat dikonsumsi diantara waktu makan atau sebelum tidur malam. 

 

  • Kale 

Kategori :