Tips And Trik 5 Dasar Memulai Bisnis Kopi Kekinian Anti Gagal, Nomor 2 Bisa Jadi Penentu

Jumat 13-10-2023,09:09 WIB
Reporter : Yoga Pamungkas
Editor : Dimas Satriyo

RADARPENA.CO.ID - Kopi masih menjadi favorit masyarakat Indonesia Minuman berkafein ini bisa dinikmati sambil jalan-jalan bersama teman.
 
Banyak orang yang tertarik menjadikan bisnis kopi sebagai pilihan, Menurut para ahli, orang di seluruh dunia bisa minum sekitar 2,5 miliar cangkir sehari.

Oleh karena itu, bisnis kedai kopi diperkirakan tumbuh sebesar 67 persen mulai tahun 2022.
 
Meski kopi modern dianggap sebagai salah satu bisnis yang paling menguntungkan, namun risiko kegagalan tidak bisa dipungkiri.

Ya, saat ini banyak sekali kedai kopi yang cukup populer di banyak tempat, Apakah Anda tertarik dengan tips sukses  memulai bisnis kopi modern dengan mudah?

Tips membuka bisnis kopi modern berikut ini dihimpun dari beberapa sumber.

 

1. Tentukan rencana bisnis
 
Langkah terpenting dalam memulai bisnis kopi modern adalah menentukan rencana bisnis terlebih dahulu.
 
Rencana ini memuat apa saja ciri-ciri bisnis kopi, siapa target pasarnya, bagaimana keuntungan bisnisnya, siapa saja pesaingnya dan apa tujuan sebenarnya memilih bisnis ini.

Oleh karena itu, mengembangkan rencana bisnis ini secara cermat memiliki banyak keuntungan.
 
Sebab rencana merupakan suatu bagian penting yang memuat proses dari setiap bagian yang akan dilaksanakan dimasa yang akan datang.

 

2. Pilih lokasi yang strategis
 
Setiap bisnis akan berhasil jika berlokasi di lokasi yang strategis, Parameter strategis tempat tersebut terlihat dari tengah kawasan.
 
Setelah itu, akses yang mudah sering menjadi tamu masyarakat dan ruang bangunan sesuai dengan visi.
 
Berdasarkan pengalaman Jack Wilson, pemilik Radio Coffee and Beer, ia berpesan kepada para wirausahawan bahwa menemukan tempat impian untuk memulai bisnis tidak dapat dicapai dalam semalam.
 
Itupun, timnya harus menjelajahi kota demi kota, Lacak setiap lokasi, bahkan dengan mempertimbangkan lalu lintas pejalan kaki.
 
Selain itu, ia ingin mengubah ruang bekas restoran menjadi toko Saat itu, ia menilai ruang restoran akan menjadi pilihan yang tepat, karena segala sesuatunya tidak harus diperbaiki dari awal.

 

3. Perhatikan desain interior dan ketersediaan material

Setelah menemukan lokasi yang cocok, langkah selanjutnya adalah menyediakan bisnis dengan lebih menarik.
 
Pilih warna dan furnitur yang menggambarkan perusahaan kami, Kemudian sesuaikan posisi kursi pelanggan agar nyaman minum kopi.
 
Jangan lupa lengkapi dengan fitur pendukung seperti AC, Wi-Fi dan musik Dan tidak hanya Periksa ketersediaan bahan perusahaan ini.
 
Pilih dari beragam menu kekinian yang  dijual dengan bahan-bahan berkualitas, Jenis benih dan pemasok menjadi kunci utama  bisnis ini.

4. Libatkan Akuntan

Salah satu tip terbaik Jack Wilson adalah menyewa seorang akuntan untuk meninjau rencana keuangan perusahaan Anda.

 

Pastikan Anda menemukan seseorang yang Anda percayai untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.
 
Jika Anda tidak bisa menyewa akuntan secara langsung, Anda bisa meminta saran dari mereka atau menggunakan aplikasi akuntansi online.
 
5. Pekerjakan barista

Kesuksesan kedai kopi juga ditentukan oleh barista hebat yang tahu cara melayani pelanggan dengan baik.
 
Barista terampil yang menyiapkan kopi modern, tahu cara bekerja dalam tim dan berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, Cara ini terbukti mampu meningkatkan penjualan.***

Kategori :