Simak! Mantan Loper Koran Berduit Rp56 T Di Balik Jayanya Starbucks

Rabu 11-10-2023,20:45 WIB
Reporter : Yoga Pamungkas
Editor : Dimas Satriyo

RADARPENA.CO.ID - Starbucks merupakan salah satu kedai kopi Amerika yang  bertahan dari kebangkitan merek kopi lokal di Indonesia.

Di balik kekuatan Starbucks adalah karakter Howard Schultz yang membuat kedai kopi tersebar di seluruh dunia.
 
Howard Schultz adalah mantan CEO Starbucks pada tahun 1987-2000 dan 2008-2018. Ia juga  menjabat sebagai CEO sementara Starbucks pada April 2022, sebelum digantikan oleh Laxman Narasimhan pada Oktober 2022.

Forbes Real Time Net Worth melaporkan Schultz memiliki kekayaan bersih US$3,7 miliar atau Rp 56,69 triliun (asumsi Rp 15.323 per dolar AS), menjadikannya  orang terkaya ke-788 di dunia.

Kekayaan tersebut ia dapatkan dari hasil kerja keras yang dilakukan sejak dini.

Mengutip berbagai sumber, pria kelahiran 19 Juli 1953 di Brooklyn, New York, AS ini berasal dari keluarga sederhana dan besar di perumahan bersubsidi.

 

Ayahnya tidak pernah menyelesaikan sekolah menengah atas dan mencari nafkah dengan bekerja serabutan sebagai sopir truk, pekerja pabrik, dan sopir taksi.

Penghasilan ayahnya  tidak pernah melebihi 20 ribu dolar setahun Bahkan, ia harus menghidupi ketiga anaknya.

Meskipun ia memiliki masa kecil yang sederhana, pengalaman ini memotivasi Schultz untuk berjuang mencapai kesuksesan.

Dia sangat mengagumi ayahnya, yang dia anggap sebagai orang yang pekerja keras dan jujur.

Sejak usia 12 tahun, Schultz merasakan pahitnya hidup, melakukan berbagai pekerjaan, termasuk mengantarkan koran.

Berkat kehebatan atletiknya, ia berhasil mendapatkan beasiswa untuk belajar di Northern Michigan University dan kemudian lulus pada tahun 1975 dengan gelar sarjana komunikasi.

 

BACA JUGA:Es Kopi Susu Gula Aren Ala Cafe, Rasanya Gurih Dan Nikmat Bikin Seger Pikiran!

BACA JUGA:Sulap Bungkus Kopi Instan Jadi Tas Cantik, Ide Bisnis Kreatif yang Menguntungkan

 

Dengan menggunakan pendidikannya, Schultz mulai merencanakan karir tiga tahun sebagai manajer penjualan dan pemasaran Xerox.

Setelah itu, ia menjadi wakil presiden dan CEO Hammarplast, sebuah perusahaan peralatan rumah tangga asal Swedia.

Perjalanan Schultz dengan Starbucks dimulai pada tahun 1981 ketika dia pertama kali memasuki pintu Pike Place Bean Cafe di Seattle.

Disana ia mencicipi kopi Sumatra untuk pertama kalinya dan berbincang dengan ahli pencicip yang benar-benar tidak hanya peduli pada pencarian dan pengupasan biji kopi terbaik, namun juga berbagi semangat mereka dengan orang lain.

Pada tahun 1982, ketika Starbucks hanya memiliki empat toko, Howard pindah dari kota asalnya New York ke Seattle dan bergabung dengan perusahaan tersebut sebagai direktur operasi dan pemasaran.  

 

Setahun kemudian, pada tahun 1983, Howard pergi ke Italia dan terpesona oleh kafe-kafe Italia dan pengalaman romantis minum kopi. Ia memiliki visi untuk membawa tradisi kafe Italia ke Amerika.

Dia ingin menciptakan tempat untuk hubungan, percakapan, dan tempat yang membina komunitas - tempat ketiga antara pekerjaan dan rumah.

Dia meninggalkan Starbucks sebentar untuk memulai kedai kopinya sendiri, Il Giornale, dan kembali sebagai CEO pada Agustus 1987 untuk membeli Starbucks dengan bantuan investor lokal.
 
Sejak awal, Howard bertekad untuk menciptakan perusahaan berbeda yang memberikan keunggulan bisnis melalui budaya welas asih.
 
Pada masa-masa awal tersebut, Howard menciptakan dua program penting yang berakar pada keyakinan mendasar bahwa sebuah perusahaan hanya dapat melampaui ekspektasi dengan berbagi kesuksesannya dengan masyarakat dan komunitas yang dilayaninya.
 
Pertama, Starbucks menawarkan asuransi kesehatan komprehensif kepada karyawan penuh waktu dan paruh waktu yang memenuhi syarat,  salah satu yang pertama di industri ritel.

Setelah mengembangkan perusahaannya menjadi lebih dari 3.000 toko dan membuka toko pertama di Jepang, Tiongkok, dan Eropa.

 

 

Howard mengundurkan diri sebagai CEO pada tahun 2000 untuk fokus pada ekspansi internasional sebagai kepala strategi dan presiden global.
 
Howard kembali sebagai CEO pada bulan Januari 2008  untuk memimpin transformasi  perusahaan menuju pertumbuhan berkelanjutan dan menguntungkan dengan fokus baru pada tradisi kopi Starbucks, inovasi dan pengalaman pelanggan.
 
Dalam sepuluh tahun, Starbucks telah berkembang dari 15.000 toko menjadi hampir 30.000, termasuk kedai kopi Starbucks Reserve®  yang inovatif, toko komunitas, toko keluarga militer, dan pusat agronomi global di Hacienda Alsacia.
 
Howard membuka peluang pendidikan baru melalui Starbucks College Achievement Plan, sebuah program pertama yang menawarkan pembelajaran online gratis kepada para mitra.

Howard juga berkomitmen untuk mempekerjakan puluhan ribu veteran militer dan pasangan mereka, terutama kaum muda. dan pengungsi.

Howard juga menawarkan asuransi kesehatan  paruh waktu atau permanen kepada karyawannya.

Howard pensiun  pada tahun 2018, tetapi kembali pada tanggal 4 April 2022 sebagai CEO sementara dan anggota dewan Starbucks.
 
Howard dinobatkan sebagai Pebisnis Terbaik Tahun 2011 oleh Fortune atas rekor hasil keuangan dan penciptaan lapangan kerja perusahaannya di Amerika Serikat.

 

Hasil  kerja kerasnya membuahkan banyak penghargaan Salah satunya adalah Penghargaan Horatio Alger bagi mereka yang berhasil mengatasi kesulitan untuk menjadi sukses.***

Kategori :