Pinjaman KUR Mandiri 2023: Solusi Keuangan Pengembangan Usaha,Cek Persyaratan Pengajuan dan Tabel Angsurannya

Jumat 08-09-2023,15:14 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Reza Fahlevi

KUR Mandiri 2023 - Apakah Anda memiliki usaha kecil atau mikro dan membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis Anda? Pinjaman KUR Mandiri 2023 bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang program ini dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman ini.

Pinjaman KUR Mandiri 2023 adalah program pinjaman mikro yang disediakan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Program ini bertujuan untuk memberikan stimulus bagi sektor usaha kecil dan mikro di Indonesia.

Dalam program ini, Bank Mandiri memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga yang rendah dan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan pinjaman konvensional.

Dikutip dari laman bankmandiri.co.id Program KUR Mandiri 2023 ini dibagi menjadi 5 jenis KUR yang telah disesuaikan dengan jenis usaha yang digeluti oleh pelaku usaha, yang meliputi :

  • KUR Super Mikro
  • KUR Mikro
  • KUR Kecil
  • KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia (KUR TKI)
  • KUR Khusus

Sektor Prioritas Penerima KUR Mandiri 2023

Dikutip dari laman resmi Bank Mandiri, Berikut Daftar 8 Sektor Prioritas KUR Mandiri 2023, yaitu sebagai berikut :

  1. UMKM pada sektor pertanian dan kehutanan

  2. UMKM pada sektor kelautan dan perikanan

  3. UMKM pada sektor industri pengolahan

  4. UMKM pada sektor konstruksi

  5. UMKM pada sektor pertambangan garam rakyat

  6. UMKM pada sektor pariwisata

  7. UMKM pada sektor jasa produksi

  8. UMKM pada jasa produksi lainnya

BACA JUGA:

Selain itu, ada juga UMKM 4 sektor yang diutamakan yang memiliki berkesempatan mengajukan pinjaman dana sebesar Rp 100 juta sebanyak 4 kali, yaitu :

  1. UMKM pada sektor pertanian

  2. UMKM pada sektor perkebunan

  3. UMKM pada sektor perikanan

  4. UMKM pada sektor peternakan

Cara Pengajuan KUR Mandiri 2023

  1. Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

  2. Ambil antrian di customer service (cs).

  3. Sampaikan tujuan pengajuan KUR Mandiri 2023, nantinya cs akan memberikan formulir pengajuan.

  4. Pastikan mengisi formulir dengan lengkap dan benar.

  5. Nantinya pihak Bank Mandir akan melakukan wawancara terkait proses pengajuan pinjaman.

  6. Setelah proses tersebut, pihak Bank Mandiri akan memberi jadwal survey lokasi UMK, tunggu pihak Bank Mandiri memberi ACC pinjaman anda.

  7. Setelah pihak Bank Mandir memberi ACC, dana pinjaman akan cair ke rekening Bank Mandiri anda dan bisa digunakan untuk tambahan modal UMKM.

Syarat Pengajuan 

  1. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.

  2. Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.

  3. Calon penerima KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil dan KUR TKI, dan KUR Khusus tidak pernah menerima kredit atau pembiayaan investasi atau modal kerja komersial, kecuali kredit atau pembiayaan konsumsi keperluan rumah tangga, skema atau skala ultra mikro atau sejenisnya, dan/atau pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi atau perusahaan pembiayaan berbasis digital.

  4. Ikut serta BPJS TK untuk pinjaman di atas Rp 100 juta

Sebagai informasi bagi nasabah yang akan melakukan pengajuan KUR Mandiri 2023, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan yaitu sebagai berikut :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Nikah atau Cerah (bagi calon debitur yang sudah menikah atau cerai)
  • Surat Keterangan Usaha
  • NPWP untuk pinjaman diatas Rp 50 juta

Suku Bunga  Mandiri 2023 

Salah satu keuntungan utama dari pinjaman KUR Mandiri 2023 adalah tingkat suku bunga yang rendah di 6 % per tahun. Hal ini akan membantu usaha kecil dan mikro untuk memperoleh dana dengan biaya yang lebih terjangkau. Suku bunga yang rendah dapat mempercepat proses pengembalian pinjaman, sehingga usaha Anda dapat berkembang lebih cepat.

Selain suku bunga yang rendah, persyaratan untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri 2023 juga lebih mudah. Bank Mandiri tidak memerlukan jaminan yang rumit dan birokratis.

Anda hanya perlu mengisi formulir aplikasi, melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, dan menjelaskan tujuan penggunaan dana pinjaman. Proses persetujuan pinjaman pun akan lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman konvensional.

BACA JUGA:

Program pinjaman KUR Mandiri 2023 juga memiliki tenor yang fleksibel. Anda dapat memilih tenor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda untuk mengembalikan pinjaman. Dengan tenor yang fleksibel, Anda dapat melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik, sehingga proses pengembalian pinjaman akan lebih mudah dan teratur.

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023

 


Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023--

Kategori :