Mengungkap Teknologi Sensor Jarak Infrared: Pengertian dan Kelebihannya

Rabu 30-08-2023,14:03 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

Teknologi Infrared - Teknologi sensor jarak infrared adalah metode pengukuran jarak antara sensor dan objek menggunakan sinar inframerah. Sinar inframerah adalah spektrum cahaya yang tidak terlihat oleh mata manusia karena panjang gelombangnya lebih panjang dari cahaya yang terlihat.

Sensor jarak infrared digunakan untuk mendeteksi seberapa dekat atau jauh sebuah objek dari sensor berdasarkan refleksi atau pantulan sinar inframerah.

Cara kerja sensor jarak infrared ialah mrnggunakan panas tertentu dari sebuah benda atau obek untuk dapat mendeteksi sebuah objek dan mendapatkan gambaran serta jaraknya.

Setiap suhu panas yang berasal dari suatu objek akan tertangkap oleh sensor infrared karena infrared menggunakan sumber daya utama yakni radiasi panas. Sensor ini bisa digunakan sebagai indra penglihatan bagi robot, serupa dengan fungsi mata sebagai alat penglihatan pada manusia.

Teknologi sensor jarak infrared biasa digunakan dalam sistem deteksi halangan. Sensor ini digunakan dalam robotika untuk mendeteksi objek atau rintangan di sekitarnya, memungkinkan pergerakan yang lebih aman dan terhindar dari benturan

Selain untuk robot, sensor infrared juga biasa digunakan untuk alat-alat elektronik seperti smartphone, komputer, dan laptop. Sensor ini untuk mendeteksi kapan wajah pengguna mendekat dan mendekatkan layar.

BACA JUGA:

Sensor infrared juga berguna bagi sistem keamanan serta aplikasi monitoring dan control. Sensor jarak infrared digunakan dalam sistem pengawasan keamanan untuk mendeteksi pergerakan atau pendekatan orang di area tertentu.

Berikut kelebihan sensor jarak infrared jika dibandingkan dengan sensor jarak ultrasonik dam sensor jarak laser.

• Ukurannya yang kecil. Sensor IR umum seperti yang dari Sharp cenderung berukuran lebih kecil
• Aman untuk penggunaan siang hari dan malam hari
• Amankan komunikasi melalui garis pandang
• Dapat mengukur jarak benda yang memiliki permukaan kompleks tidak seperti sensor ultrasonic yang pengukurannya terbatas.***(Nadya Azka)

Kategori :