Makanan Khas Lombok, Rekomendasi Nikmatnya Kuliner Nusantara

Minggu 27-08-2023,15:43 WIB
Reporter : Bianca C.
Editor : Reza Fahlevi

Sate pusut menggunakan bumbu cabai, bawang, terasi, jeruk nipis, ketumbar, santan, dan parutan kelapa. Jika dilihat, kuliner khas Lombok ini memang mirip seperti sate lilit Bali. Jangan lupa untuk mencicipi sate pusut ya karena teksturnya empuk dan nikmat!

Kisaran Harga:

Mulai dari Rp20.000

Rekomendasi Restoran:

Sate Tanjung, Warung Sasak

5.  Bebalung Sapi

Lombok punya makanan khas berkuah yang tak boleh dilewatkan, yaitu bebalung sapi. Sepintas kuliner Lombok ini mirip sop atau gulai. Namun bebalung sapi merupakan sajian tulang iga sapi yang dibumbui dengan cabai, bawang, kunyit, lengkuas, jahe, asam muda, dan terasi. Nama bebalung berasal dari bahasa Sasak yang artinya tenaga. Diyakini usai makan bebalung, maka yang menyantapnya akan bertenaga.

BACA JUGA:

Kisaran harga:

Mulai dari Rp35.000

Rekomendasi restoran:

Warung Bebalung Kelebet, Warung Bebalung Sapi Segenter

6.  Ayam Rarang

Pecinta olahan ayam wajib mencoba ayam Rarang jika liburan ke Lombok. Kuliner Lombok ini dinamakan demikian karena berasal dari Desa Rarang. Dari tampilannya, ayam rarang terlihat pedas karena dilumuri oleh bumbu sambal.

Ayam rarang merupakan olahan ayam kampung yang telah dibumbui dan digoreng, kemudian disiram oleh bumbu pedas dari cabai, bawang, kemiri, dan terasi. Biasanya, ayam rarang disajikan dengan sayur daun kelor dan beberuk terong sehingga menciptakan sensasi tekstur dan rasa yang lengkap.

Kisaran harga:

Mulai dari Rp35.000

Rekomendasi restoran:

Rumah Makan Rarang Inaq Dellah, Rumah Makan Rarang Dua

7.  Serabi Laklak

Untuk rekomendasi jajanan khas Lombok, kamu bisa mencoba serabu laklak dan serabi erot. Serabi laklak terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak di atas tungku. Sementara serabi erot ditambahkan parutan kelapa dan gula aren sehingga menambahkan cita rasa manis. Karena dimasak di atas tungku tanah dan kayu bakar, cita rasa serabi ini menyisakan aroma dan rasa smokey yang nikmat!

Kisaran harga:

Mulai dari Rp10.000

Rekomendasi restoran:

Serabi Laklak Jl. R Soeprapto Lombok Timur

BACA JUGA:

Makanan khas Lombok menawarkan kelezatan dan keunikan tersendiri. Dari plecing kangkung yang pedas, ayam taliwang yang nikmat, es campur yang menyegarkan, serabi laklak,hingga sate pusut yang lezat, Lombok memiliki banyak hidangan yang menggugah selera. Jadi, jika Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa mencoba makanan khasnya yang akan memanjakan lidah Anda.***

Kategori :