Yuk Simak Penjelasan Spooring dan balancing, Mobil Anda

Minggu 20-08-2023,13:08 WIB
Reporter : Iksan Agus A.
Editor : Reza Fahlevi

Layanan Bengkel Spooring dan Balancing - Kendaraan roda empat milik anda, perlu dilakukan layanan service dari bengkel, berupa spooring dan balancing.

Secara ringkas spooring adalah mengencangkan ulang kaki-kaki roda, sedangkan balancing menyeimbangkan ulang ban.

Spooring dan balancing bisa dikerjakan di bengkel-bengkel setempat langganan anda. harga spooring dan balancing ini murah sekitar Rp 125 ribu pe item.

layanan spooring dan balancing,   bisa dikerjakan dimana saja. Umumnya Bengkel-bengkel mobil yang cukup besar mampu mengerjakannya.

lama mengerjakan spooring dan balancing sekitar kurang lebih satu jam, mekanik di Bengkel akan mengerjakan layanan kedua macam ini, selanjutnya mobil sudah bisa dipakai   kembali.

Biasanya mobil, setelah dilakukan spooring dn balancing, laju berkendaranya akan lebih nyaman dari sebelum dilakukan dua perawatan tersebut.

BACA JUGA:

Mengapa bisa begitu ?. Jawabannya karena spooring membuat kaki-kaki  roda kembali kokoh, sehingga posisi per atau shockbreaker roda akan mampu bekerja maksimal.

Shockbreaker memiliki fungsi membuat kendaraan nyaman saat dibawa. Shockbreaker juga memiliki tugas menyerap getaran.

Tugas lain dari shockbreaker adalah menyerap getaran dan menjaga stabilitasnya agar tetap stabil saat tiba dijalan yang buruk atau berlubang

Saat kendaraaan melintas jalan yang rusak atau berlubang, kaki-kaki  roda akan secara otomatis menyesuaikan.

Kaki akan menopang, bodi mobil, juga membuat kendaraan akan lebih stabil. Selain itu dengan sudah dilakukan layanan kedua yakni balancing, atau menyeimbangkan ban dan bodi

Sementara , dengan perawatan berbentuk balancing, terutama pada bagian ban, membuat , keadaan ban lebih rata dan tidak tipis.

BACA JUGA:

Ban akan miring atau tidak nyaman dipergunakan jika tergerus atau tipis bagian samping. Dalam istilah perbengkelan disebut “tipis sebelah”.

Jika terjadi ban mengalami tipis disebelahnya, akan membuat saat ban atau roda berputar menjadi tidak sempurna.

Sebelum spooring dan balancing dilakukan, biasanya mekanik bengkel akan melakukan pemeriksaan awal.

Melalui pemeriksaan awal ini, akan diketahui, apakah spooring dan balancing sudah perlu dilakukan atau belum.

Pada umumnya   spooring dan balancing dikerjakan terhadap kendaraan-kendaraan tua alias yang sudah berusia   minimal 5 tahun ke atas.

Bahkan   bisa saja terjadi spooring dan balancing,   tidak perlu dilakukan saat kendaraan sudah mulai menua alias diusia lima tahun ke atas.

Alasannya spooring bukanlah layanan yang harus diterima oleh kendaraan,   tergantung selama dipergunakan apakah kendaraan melintas di jalan yang rusak.

Spooring dan balancing adalah dua layanan tambahan dari service kendaraan untuk  membuat mobil sewaktu dikendarai terasa semakin nyaman (**)

Kategori :