Patung Raksasa Ikonik KAWS Tergeletak Di Pelataran Candi Prambanan

Sabtu 19-08-2023,14:17 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

Patung KAWS -  Brian Donnelly, seniman asal Amerika Serikat, telah menghadirkan patung terbesar yang digarapnya bertajuk ”KAWS: Holiday” di Yogyakarta pada 19-31 Agustus 2023. Karya seni dengan tinggi 15 meter dan panjang 45 meter itu bisa diamati pada pukul 08.00-17.00.

”Sungguh magis karena pamerannya berhadapan dengan Candi Prambanan. Yogyakarta luar biasa,” ujarnya saat konferensi pers ”KAWS: Holiday” di Yogyakarta, Jumat (18/9/2023). Ia melanjutkan perjalanannya yang ke-10 sejak tur dunianya digelar pada tahun 2018.

Dalam kesempatan tur tahun ini, ia kembali berkolaborasi dengan AllRightsReserved untuk membawa patung monumental baru ke salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO itu.

Didukung oleh mitra lokal AKG Entertainment, pameran unik ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan perpaduan arsitektur kuno dengan seni kontemporer.

KAWS juga mengunjungi Indonesia pertama kali untuk menghadiri rancaian acara peluncuran dan meresmikan pembukaan pameran "KAWS: HOLIDAY" di Indonesia.

BACA JUGA:

Untuk pertama kalinya dalam tur enam tahun "KAWS: HOLIDAY", ia memperkenalkan kembali "ACCOMPLICE" yang pertama kali muncul sebagai figur vinyl yang dirilis oleh KAWS pada 2002.

Patung itu juga menjadi karya seni pertama KAWS yang ditampilkan di Situs Warisan Dunia UNESCO. Karya seni sepanjang 45 meter ini juga merupakan patung terbesar yang pernah diproduksi seniman hingga saat ini.

Donelly sendiri berharap KAWS: HOLIDAY dapat menjadi tempat dimana orang-orang dapat berhenti sejenak dan menikmati karyanya.

KAWS: HOLIDAY dibuat untuk menyediakan relaxing situation, menghadirkan suasana rileks, serta membantu orang-orang bertemu dan terhubung antara satu sama lain. Mereka bisa mengobrol sambil menikmati Accomplice,” ujar Donelly di Prambanan, Jumat sore (18/8/2023).

SK Lam, pendiri AllRightsReserved mengatakan bahwa kehadiran Accomplice ke Candi Prambanan merupakan bagian dari perjalanan melalui kota-kota unik, melintasi darat dan laut, dan bahkan berkelana ke stratosfer. 

"Kami mengundang sesama penggemar seni untuk menikmati karya ini dan terus menanti kunjungan kami berikutnya bersama-sama," ujar Lam di waktu yang sama. 

Sedangkan Axton Salim, Board Member dari AKG Entertainment yang menjadi salah satu pemberi usul pelaksanaan pameran di Prambanan mengaku lega akhirnya Accomplice bisa berada di Yogyakarta.

"Saya senang bahwa KAWS:HOLIDAY setuju memilih Indonesia dalam tujuan terbarunya. Kami berharap perpaduan antara warisan arsitektur kuno dan seni kontemporer ini dapat menampilkan keindahan dari apa yang dapat ditawarkan Indonesia kepada dunia," kata Salim. 

"Saya juga berharap pameran ini akan memungkinkan generasi muda menemukan kembali dan menghargai situs bersejarah negara kita melalui sudut pandang yang baru." Lanjutnya.

Kategori :