Penyakit Alzheimer: Inilah Gejala, Faktor Penyebab, dan Pengobatan

Sabtu 19-08-2023,11:30 WIB
Reporter : Puspa Sari Dewi
Editor : Reza Fahlevi

Penyakit Alzheimer - Alzheimer adalah penyakit kronis yang memengaruhi fungsi kognitif otak. Ini adalah bentuk paling umum dari demensia dan biasanya memengaruhi orang tua. 

Demensia adalah kondisi yang memengaruhi memori, kemampuan untuk berpikir, dan perilaku. 

Penyakit Alzheimer adalah kondisi yang kompleks dan memengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti berbicara, makan, dan bahkan merasakan emosi.

Tanda-tanda awal penyakit ini mungkin tidak jelas. Gejala awal biasanya adalah kesulitan dalam mengingat hal-hal sehari-hari seperti nama dan tempat. 

Dalam fase awal, seseorang mungkin mulai menjadi lebih cemas dan selalu merasa cemas karena kesulitan mengingat hal-hal sederhana. 

Ada juga perubahan dalam suasana hati dan kepribadian, seperti menjadi lebih sulit mengambil keputusan, kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas, kurangnya motivasi, dan kebingungan.

BACA JUGA:

Seiring perkembangan penyakit, gejala-gejala ini semakin buruk dan dapat menyebabkan kebingungan dan ketidakmampuan untuk merawat diri sendiri. 

Orang yang menderita Alzheimer hampir pasti akan kehilangan kemampuan untuk mengingat nama keluarga dan teman-teman, kata-kata dasar, dan lokasi. 

Mereka juga dapat mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas rumah tangga atau mengurus keuangan mereka sendiri. 

Pada tahap yang lebih lanjut, seseorang dengan Alzheimer mungkin mengalami kesulitan untuk berkomunikasi, makan, dan bahkan berjalan.

Sementara tidak ada penyebab pasti dari penyakit Alzheimer, para ilmuwan telah menemukan bahwa faktor-faktor seperti usia, genetika, dan lingkungan dapat memainkan peran. 

Kurangnya aktivitas fisik dan kognitif serta dua faktor psikologis hampir pasti memengaruhi perkembangan penyakit Alzheimer dan kondisi kognitif lainnya.

BACA JUGA:

Selain itu, penyebab penyakit Alzheimer juga erat kaitannya dengan masa otak. Sel soliter merupakan sel di otak yang memiliki peran penting dalam mengatur fungsi kognitif dan ingatan kerja. 

Kategori :