Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Kanker

Sabtu 05-08-2023,20:51 WIB
Reporter : Putri Indah
Editor : Dimas Satriyo

Kopi Hitam - Kopi merupakan salah satu minuman diet yang paling digemari, sebab banyak mengandung manfaat kesehatan pada tubuh. Kandungan kafein pada kopi berguna dapat meningkatkan sistem imunitas.

Dengan rasa yang khas dan nikmat, serta terdapat kandungan antioksidan yang terdapat dalam kopi bisa memberikan efek senang dan bisa menambah semangat untuk melakukan aktivitas.

Beberapa penelitian untuk melihat dan membuktikan manfaat kopi hitam, utamanya bagi kesehatan tubuh. Jika mengonsumsi secukupnya, kopi hitam bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kopi hitam disajikan tanpa dicampur susu, gula, krimer sehingga kopi hitam yang rendah kalori, apalagi biji kopi mengandung polifenol sejenis antioksidan.

BACA JUGA:

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, manfaat kopi untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kopi 

  • Mencegah kanker

Kopi juga bisa mencegah sakit kanker, hal ini berdasarkan studi yang telah dilakukan di Amerika Serikat (AS), kopi terbukti dapat melawan kanker, terutama kanker kulit karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Hal itu terbukti bahwa wanita yang konsumsi kopi lebih dari satu kali dalam sehari bisa mencegah terjadinya kanker kulit, kanker payudara dan juga endometrium.

Mencegah sakit kepala

  • Mencegah sakit kepala

Seorang peneliti Dr.Seymour Diamond dari Diamond Headache Clinic, AS yang dikutip oleh buku Khasiat Bombastis Kopi, menjelaskan bahwa senyawa kafein dapat menghilangkan rasa lelah, kantuk, dan ketegangan otot.

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memiliki kekuatan 30 menit lebih cepat dalam meredakan sakit kepala dibandinglan ibuprofin.

Namun tidak konsumsi kopi secara belebihan, cukup 1 atau 2 gelas saja sehari dan pakai jenis gula dengan kandungan gula yang rendah kalori supaya kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

  • Menjaga fungsi otak

Kopi hitam juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otak, dilansir dari Journal of Alzheimer’s Disease, mengonsumsi kopi sebanyak tiga hingga lima cangkir bisa menurunkan risiko penyakit ini.

Kandungan dalam kopi bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia, tak hanya itu kandungan kopi hitam juga bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia.

Namun mengonsumsi kopi juga tidak boleh berlebihan, konsumsi secukupnya dan sewajarnya saja.

Kategori :