Doa Keselamatan Dunia Dan Akhirat Dilengkapi tulisan Arab, Latin Dan Artinya

Sabtu 29-07-2023,16:30 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA -  Doa selamat merupakan permohonan yang dipanjatkan untuk meminta keselamatan atau perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai situasi dan kondisi berbahaya.

Dalam ajaran Islam, sebaik-baiknya penolong hanya Allah SWT. Sebab, hanya Allah yang Maha Mengetahui segalanya sekaligus yang mampu memberi jalan keluar.

Doa selamat dapat kamu baca untuk meminta keselamatan, selain itu doa selamat juga bisa dibaca ketika mencari rezeki, maut, siksa kubur dan neraka serta juga bisa untuk menuntut ilmu.

BACA JUGA:Kisah Umar Bin Khattab Sahabat Nabi Yang Mendapat Julukan Al Faruq

Sebagai manusia yang punya keyakinan terhadap Tuhan, sudah menjadi hal yang alamiah untuk selalu berdoa, memohon segala sesuatu kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena pada dasarnya, berdoa dalam Islam merupakan bagian paling mendasar dalam beribadah.

Berdoa dapat dipanjatkan oleh seorang muslim saat mengalami musibah (untuk meminta pertolongan dan kesabaran), atau saat diberi kemudahan dan rezeki di dunia (mengucap syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala).

Beragam doa tercipta disesuaikan dengan tujuannya masing-masing, termasuk doa selamat dunia akhirat yang bisa kita baca setiap hari. Berikut ini bacaan doa untuk meminta keselamatan agama, rezeki, maut, serta memohon rahmat dari Allah SWT.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ 

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaab. 

BACA JUGA:Keistimewaan Amalan Ayat Seribu Dinar

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

Berikutnya ada Doa selamat dan tolak bala yang berisi tentang permohonan kepada Allah SWT agar selamat dari segala bencana, siksaan, atau ujian kehidupan. Melansir dari laman NU online, Berikut ini lafadz doanya:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni'mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal 'afiyah, wa abwabal jannah.

Allahumma 'afina min kulli bala'id dunya wa 'adzabil akhirah, washrif 'anna bi haqqil qur'anil 'azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa 'adzabal akhirah.

Kategori :