Tata Cara Sholat Istikharah Dilengkapi Dengan Niat Dan Bacaan Do'a

Kamis 20-07-2023,15:00 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

Bacaan Latin: 'Ushalli sunnatal istikhaarati rak'ataini lillaahi ta'aala'

Artinya: "Aku niat sholat sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah ta'ala"

2. Bacaan Surah Sholat Istikharah

  • Ketika sholat istikharah bacaan surat yang dibaca adalah Al-Fatihah dan surat pendek. Bacaan doa sholat di rakaat pertama adalah membaca Al-Fatihah dan surat Al-Kafirun. Sedangkan rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlash.

3. Bacaan Do'a Sholat Istikharah

Selepas menunaikan Sholat Istikharah, dan selepas salam kita dianjurkan untuk membaca do'a ini:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih”

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Maha Kuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Maha Tahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya. Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya."

BACA JUGA:Nabi Nuh AS, Nabi Ke-3 Setelah, Adam AS dan Idris AS

Dan dilanjutkan dengan membaca do'a ini:

"Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam bagi agamaku, kehidupanku, akhir urusanku, duniaku, dan akhiratku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku. Mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, akhir urusanku, duniaku, dan akhiratku, maka palingkanlah aku darinya dan palingkanlah dia dariku. Takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya. Sesungguhnya engkau Yang Maha Bisa atas segala sesuatu."

Selesai membaca doa, kemudian sebutkan permohonan yang ingin dilakukan. Seseorang melakukan sholat istikharah untuk memiliki atau mengerjakan apa yang dilakukan. Jika urusan berkaitan dengan kebaikan, maka Allah SWT akan memberi kemudahan.

Setelah melakukan sholat Istikharah, hendaknya kamu tetap mengambil sikap dan mengerjakan pilihan yang dirasa paling pas di hati. 

Nah, demikianlah ulasan mengenai tata cara sholat Istikharah yang dapat kamu lakukan jika memang sedang mengalami permasalahan dan menentukan pilihan, dan tetaplah tawakal.***

Kategori :