Kenali Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Minggu 16-07-2023,15:06 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA -  Madu adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika ibu hamil memasuki masa kehamilan pada trimester pertama.

Manfaat madu untuk ibu hami trimester pertama selain bermanfaat untuk kehamilan ibu juga bermanfaat untuk kesehatan janin.

Madu adalah bahan alami yang mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil salah satunya dapat membantu meredakan mual dan muntah saat hamil (morning sickness). Sebab, madu memang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk ibu dan sang janin.

BACA JUGA:4 Manfaat dan Khasiat Dalam Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu mengandung nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan antara lain vitamin, mineral, asam amino, zat besi, antioksidan, dan zinc. Lalu apa sajakah manfaat madu untuk ibu hamil? Berikut ini di antaranya:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Madu memiliki senyawa antioksidan yang  sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan ini menjadi salah satu manfaat madu untuk ibu hamil, karena dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh.

2. Mengurangi Morning Sickness

Wajar bila Bumil mengalami morning sickness. Rasa mual ini bisa muncul kapan saja, baik pagi, siang, sore, maupun malam. Untuk meredakan keluhan ini, Bumil bisa memanfaatkan madu. Minum madu yang dicampur dengan teh lemon atau teh jahe dipercaya mampu meredakan rasa mual ketika hamil. Cara membuatnya cukup mudah. Bumil tinggal mencampurkan 2 sendok makan madu dengan secangkir teh lemon atau rebusan jahe, lalu mengaduknya hingga merata.

BACA JUGA:Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

3. Membantu Menguatkan Janin

Pada masa kehamilan trimester pertama, ibu hamil sangat rentan terhadap pergerakan-pergerakan yang berdampak pada keguguran. manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama yakni madu dapat membantu menguatkan janin.

Zat galian yang terkandung dalam madu dapat membantu menguatkan janin. Pada awal kehamilan, rasa khawatir yang dirasakan ibu tentunya berdampak terhadap kekuatan janin. Ibu harus selalu tenang dan tentunya tetap menjaga asupan makanan agar janin tetap kuat dan sehat.

4. Penambah Energi

Pada saat ibu hamil memasuki trimester ketiga, biasanya ibu hamil akan mudah merasa lelah. Untuk menambah energi, ibu hamil bisa mengkonsumsi madu karena madu mengandung kalori yang cukup dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Kategori :