Skincare yang Mengandung Retinol, Simak Kegunaanya, Adakah Bahayanya?

Senin 10-07-2023,15:59 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Memiliki wajah yang sehat bersih dan glowing menjadi impian setiap wanita, Untuk kalian yang memiliki wajah berminyak dan cenderung berjerawat, Retinol menjadi salah satu solusi.

Retinol adalah bentuk vitamin A yang dipakai dalam prosedur perawatan kulit. Manfaatnya, yakni membantu mengatasi jerawat, menyamarkan noda bekas jerawat, dan mengecilkan pori-pori.

Retinol banyak digunakan sebagai bahan aktif atau campuran dalam produk skincare yang dapat Anda beli di toko kosmetik atau apotek. Kadarnya pun beragam, mulai dari 0,01% hingga 3%, kdungan retinol ini umumnya mengandung bahan aktif asam retinoat dalam dosis rendah dan dapat ditemukan dalam berbagai jenis merek produk perawatan kulit seperti serum, toner atau pelembab.

BACA JUGA:Mengulik Manfaat Air Mawar, Bisa Membuat Awet Muda Loh

KEGUNAAN RETINOL

Retinol memiliki beberapa fungsi dan manfaat bagi kulit. Berikut adalah beberapa fungsi utamanya:

1. Meningkatkan pergantian sel kulit: Retinol mempercepat proses pergantian sel kulit, yaitu menghilangkan sel kulit mati dan menghasilkan sel-sel kulit baru. Hal ini membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit, membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya.

2. Mengobati jerawat: Retinol efektif dalam mengobati jerawat karena kemampuannya dalam mengatur produksi minyak, membersihkan pori-pori, dan mengurangi peradangan. Retinol dapat membantu mencegah jerawat baru dan meningkatkan tampilan kulit yang rentan terhadap jerawat.

BACA JUGA:Ketahui! Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Resiko Diabetes

3. Merangsang produksi kolagen: Retinol merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga struktur dan elastisitas kulit. Penincretan produksi kolagen dapat membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus, memberikan kulit penampilan yang lebih halus dan muda.

4. Memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari: Retinol dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dengan merangsang produksi sel kulit baru dan meningkatkan sintesis kolagen. Retinol dapat mengurangi tampilan bintik-bintik hitam, garis halus, dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari.

EFEK SAMPING

Namun Efek samping yang paling umum dirasakan pengguna retinol adalah kulit kering dan iritasi. Retinol juga berpotensi menyebabkan kemerahan dan gatal pada kulit, dan dapat menyebabkan purging, yaitu iritasi berupa jerawat kecil-kecil pada kulit, namun seiring nya waktu gejala nya mulai hilang saat terbiasa menggunakan retinol,sebaikya tidak digunakan setiap hari coba mulai percobaan gunakan 2-3 kali seminggu.

BACA JUGA:Kandungan dan Manfaat Blackmores Fish Oil 1000

penggunaan pemakaian retinol harus tepat, tapi tenang sekarang sudah banyak skincare yang sudah menyesuaikan dosis retinol dalam product yg mereka jual, anda harus memilih dan mengenali dahulu jenis kulit yang pas untuk pemakaian skincare bertahap.

Kategori :