Viral! Warganet Salah Mengira Kemiri Sebagai Hazelnut, Sampai Ramai di Tiktok dan Twitter

Senin 12-06-2023,21:24 WIB
Reporter : Reza Fahlevi
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA - Sedang ramai di berbagai media sosial, warganet salah mengira kemiri sebagai hazelnut. Saling berbalas komentar dan saling menanggapi sedang ramai di Tiktok dan Twitter.

Video ini pertama kali diunggah oleh @rena.reksya, Jumat (9 Juni 2023) lalu, dan diunggah kembali di media sosial Twitter oleh @txtdrkuliner, Minggu (11 Juni 2023) dengan caption "Di umur berapa kalian tertipu konten tiktok?"

Konten video tersebut sontak menjadi viral dan dibanjiri komentar dan repost. Hingga Senin (12 Juni 2023), unggahan ini telah menuai lebih dari 2,7 juta tayangan, 16.400 suka, dan 1.400 twit ulang dari warganet Twitter.

Sebelum menduga lebih jauh, ada baiknya kita mengikuti penjelasan para ahli dibawah ini.

Perbedaan Kemiri dan Hazelnut

Dosen Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kokom Komariah mengatakan, hazelnut dan kemiri adalah dua bahan pangan berbeda.

Kokom menjelaskan, kemiri diterjemahkan sebagai candlenut dalam bahasa Inggris dan digunakan sebagai bumbu dapur. Sedangkan hazelnut adalah salah satu jenis kacang.

"Hazelnut biasanya difungsikan sebagai kacang-kacangan, dipakai topping kue atau es krim, bisa dimakan mentah juga," jelas Kokom.

Senada dengan penjelasan Kokom, Dosen Pendidikan Tata Boga UNY Fitri Rahmawati menjelaskan, kemiri memang masuk dalam kategori kacang-kacangan, tetapi digunakan sebagai bumbu dapur.

"Kemiri masuk dalam kacang-kacangan juga tapi peruntukannya sebagai bumbu untuk menambah cita rasa dan aroma gurih," papar Fitri.

Fitri menuturkan, sekilas penampilan keduanya memang mirip, namun sangat berbeda dari segi fungsi dan rasa.

Kemiri memiliki cangkang lebih keras daripada hazelnut. Jika dikupas, isi jenis kacang ini juga lebih keras dengan bentuk sedikit lancip di ujung. "Bentuknya (hazelnut) mirip tapi cangkangnya sedikit lebih tipis," lanjut Fitri.

Dilansir dari laman Mashed, candlenut atau kemiri menawarkan rasa gurih dan banyak ditemui di masakan khas Asia Tenggara.

Bahan pangan ini dipercaya pertama kali ditemukan di Australia, Malaysia, dan Maluku, Indonesia.
Sebagai salah satu bumbu wajib dalam makanan tradisional, kemiri dianggap memiliki khasiat untuk sejumlah masalah kesehatan.

Di sisi lain, hazelnut menawarkan rasa manis yang cocok dikombinasikan dengan beragam rasa lain.
Oleh karena itu, tak heran jika bahan pangan ini banyak dimanfaatkan sebagai topping makanan, terutama sejenis dessert.

Kategori :