Keutamaan Membaca Al-quran, Yuk Simak, Tata Caranya

Senin 05-06-2023,14:33 WIB
Reporter : Iksan Agus Abra
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA- Al Qur’an merupakan kita suci ummat Islam se-dunia. Al Qur’an adalah firman Allah yang disampaikan melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Al Qur’an terdiri dari 30 juz, 114 Surat dan 6666 ayat. Al Qur’an diturunkan sebagai petunjuk hidup ummat manusia dan menjadi bacaan yang sangat mulia karena memiliki sangat banyak keutamaan dan pahala berlimpah jika membacannya.

Dewasa ini terutama di Kota-kota besar komunitas membaca Al Quran tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Mereka membentuk grup-grup di WhatsAp (WA) dengan jumlah anggota tertentu.  

BACA JUGA:Diisukan Retak, Hubungan Megawati-Jokowi, Ganjar: Tidak, Kami Tetap Solid

Membaca Al Quran sudah menjadi tren dan gaya hidup ummat Muslim yang ingin mempelajari dan mentadaburi ayat-ayatnya.

Setiap anggota diwajibkan menyetor surat atau juz yang wajib dibaca setiap hari. Biasanya setelah pembacaan Al Qur’an hampir selesai, anggota-anggota grup melakukan kegiatan khataman Qur’an di Masjid atau Musholla sambil menyantap menu tertentu.

Hukum membaca Al Qur’an sunnah alias jika dibaca mendapatkan pahala yang sangat banyak dan besar. Tetapi jika tidak dibaca , juga tidak mengapa dan tidak berdosa.

BACA JUGA:Distaru Kota Bekasi Lanjutkan Pembongkaran Bangunan Parkir Bening Boutique Hotel Jatibening di Hari Kedua

Membaca Al Quran tidak bisa sembarangan, ada Hukum Tajwid atau tata cara membaca Al Quran secara tepat dan benar sesuai kaidahnya.

Berikut ini beberapa tips atau cara agar membaca Al Quran agar menjadi kegiatan yang menyenangkan, mudah dan merdu serta mendapatkan pahala yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

1.   Berwudhu

Upayakan seseorang yang akan membaca Al Quran dalam keadaan berwudhu agar lebih tenang dan khusuk saat membacanya

BACA JUGA:Plt. Wali Kota Bekasi Buka Acara Seminar Nasional Bertajuk

2.   Memahami Tata Cara Membaca Al-quran

langkah selanjutnya agar membaca Al-quran menjadi ibadah yang menyenangkan adalah mengerti ilmu tajwid Al-quran serta pengucapan lafaz huruf yang harus pas alias pengucapan huruf harus sesuai dengan bunyi huruf yang akan dikeluarkan, misal huruf Ra, huruf tsa, huruf Dhal dan lain-lain.

3.    Menguasai Tehnik Baca Al-quran secara Baik

Banyak sekali teknik yang bisa dipelajari agar saat membaca Al Quran menjadi lebih mudah baik saat dibaca atau untuk dihafal.

Salah satunya adalah gerakan mata yang harus cepat. Artinya saat membacanya mata harus cepat bergerak ke huruf-huruf berikutnya.   Selain itu, si Pembaca harus mampu mengatur nafas agar, saat Al Quran dibaca tidak tersendat-sendat.

BACA JUGA:TMMD Ke- 116 Sinergitas Lintas Sektoral Wujudkan TNI bersama Rakyat Semakin Kuat

4.   Upayakan menguasai Irama atau lagu

Agar saat membaca Al-qur’an menjadi lebih semangat dan merdu untuk   didengar usahakan si pembacanya menguasai irama lagu saat membaca Al-quran sehingga akan terdengar indah dan   mampu meresap ke dalam jiwa bagi yang mendengarnya. Demikian sepintas uraian membaca Al-qur’an semoga ada manfaatnya.***(iaa)

Kategori :