8 Cara Efektif Menghindari Kebiasaan Membuang Waktu dan Lebih Produktif

8 Cara Efektif Menghindari Kebiasaan Membuang Waktu dan Lebih Produktif

Cara efektif menghindari kebiasaan membuang waktu--Freepik

3. Terapkan Teknik Manajemen Waktu

Salah satu teknik yang bisa membantu adalah metode Pomodoro, yaitu bekerja selama 25 menit, lalu beristirahat selama 5 menit. Dengan cara ini, kamu bisa tetap fokus tanpa merasa kelelahan. 

Teknik lain yang bisa dicoba adalah time blocking, di mana kamu menetapkan waktu tertentu hanya untuk satu aktivitas tertentu.

4. Hindari Multitasking Berlebihan

Banyak yang berpikir multitasking bisa meningkatkan produktivitas, padahal justru sebaliknya. 

Fokus yang terbagi ke banyak hal sekaligus bisa membuat pekerjaan jadi lebih lama selesai. Sebaiknya, selesaikan satu tugas dulu sebelum beralih ke tugas lainnya agar lebih efisien.

5. Batasi Interaksi yang Tidak Perlu

Obrolan santai memang menyenangkan, tapi jika terlalu sering, bisa menghambat produktivitas. Coba batasi waktu untuk mengobrol, terutama saat sedang bekerja atau belajar. 

Jika memungkinkan, gunakan komunikasi yang langsung ke inti masalah agar gak membuang waktu.

6. Rapikan Lingkungan Kerja

Meja yang berantakan bisa membuat pikiran jadi kurang fokus. Luangkan waktu untuk merapikan meja kerja atau ruang belajar agar lebih nyaman dan kondusif. 

BACA JUGA:

Dengan lingkungan yang lebih terorganisir, kamu bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan tanpa distraksi.

7. Pelajari Cara Mengatakan "Tidak"

Sering kali, kita membuang waktu karena sulit menolak permintaan orang lain, bahkan untuk hal yang sebenarnya gak terlalu penting. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: