Lazada Kenalkan Sistem Baru AI Lazzie, Fitur Baru untuk Tingkatkan Pengalaman Belanja Online

Lazada Kenalkan Sistem Baru AI Lazzie, Fitur Baru untuk Tingkatkan Pengalaman Belanja Online

Acara Media Gathering Lazada-Disway/Bianca Khairunnisa-

JAKARTA, RADARPENA,CO.ID - Kecerdasan buatan (AI) kini telah menyentuh segala aspek kehidupan, termasuk sektor ekonomi digital. Dilansir dari data “Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam eCommerce di Asia Tenggara” yang diluncurkan Lazada bersama Kantar, tingkat penggunaan AI di Indomesia telah mencapai 70 persen.

Menurut keterangan Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, hal ini menunjukkan kepercayaan dan penerimaan konsumen yang tinggi terhadap teknologi ini. Tak hanya itu, 54 persen responden Indonesia juga memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal. 

Fitur-fitur GenAI terbaru Lazada dirancang dalam AI Lazzi, yang bertugas menjadikan belanja online lebih personal, interaktif, dan efisien dalam membantu pelanggan 24/7.

Hadir dengan kemampuan yang lebih canggih berkat dukungan teknologi Alibaba, AI Lazzie dapat membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan menjawab pertanyaan seputar belanja di Lazada.

"Melalui kolaborasi riset dengan Kantar, Lazada berkomitmen untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengalaman belanja terbaik. Fitur GenAI terbaru kami dalam AI Lazzie, didukung teknologi penerjemah AI Alibaba, Marco MT, memungkinkan interaksi yang lebih natural," ujar Amelia dalam acara Lazada Media Gathering, yang digelar di On3 Senayan, Jakarta, pada Kamis 7 November 2024.

Selain itu, Amelia menambahkan, AI juga telah membentuk cara baru bagi pelanggan dalam menemukan produk dengan memberikan rekomendasi yang terpersonalisasi dan pencarian produk yang lebih efisien. 

BACA JUGA:Gudang Lazada Terbakar di Cengkareng, Warga Sempat Dengar Suara Ledakan

BACA JUGA:Lazada Fest 12.12 Adakan Pop Up Festival di Tiga Kota Besar, Dimeriahkan Konser Musik

Hal ini ditunjukkan dalam hasil riset Kantar menunjukkan 54 persen responden Indonesia memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal. Fitur AI Lazada, AI Lazzie dan fitur rekomendasi cerdas membantu pelanggan menemukan produk yang relevan dengan preferensi dan riwayat belanja.

"Layaknya berbelanja dengan asisten pribadi yang akan membantu konsumen berbelanja, termasuk dalam menyambut berbagai promo belanja online akhir tahun di Lazada," ucap Amelia.

Selain itu, penawaran harga merupakan pendorong utama keputusan pembelian produk. Menurut keterangan Associate Director Kantar Indonesia, Ummu Hani, salah satu titik kesulitan pelanggan dalam berbelanja online adalah Fear of Missing Out (FOMO) atau takut melewatkan promo belanja.

"Sejalan dengan data yang menunjukkan bahwa, setelah kualitas, penawaran harga yang kompetitif merupakan pertimbangan utama keputusan pembelian produk oleh pelanggan," ujar Hani saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Menanggapi temuan tersebut, Lazada kembali menghadirkan berbagai promo terbaik dan diskon terbesar pada 11.11 kali ini. Dengan kampanye bertajuk “11.11 Diskon Terbesar di Lazada”, terdapat voucher bonus hingga 1,1 juta, jaminan harga terendah dengan diskon sampai dengan 90%, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Promo tersebut akan dimulai dari tanggal 10 November pukul 20.00 hingga 15 November 2024.

Tidak hanya itu, Lazada juga memberikan hadiah spesial 11.11 untuk konsumen lewat program undian dengan hadiah utama 2 unit motor Yamaha NMax dan 1 unit mobil Hyundai Stargazer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: