Bawa Uang Rp100 Juta Buat Beli Senjata, Ini Penampakan Anggota KKB yang Ditangkap Satgas Cartenz

Bawa Uang Rp100 Juta Buat Beli Senjata, Ini Penampakan Anggota KKB yang Ditangkap Satgas Cartenz

Enes Dapla anggota KKB Papua yang ditangkap saat hendak beli senjata api--satgas damai cartenz

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua ditangkap aparat Satgas Damai Cartenz saat akan beli senjata api.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Brigjen Pol Faizal Rahmadani mengatakan anggota KKB Papua yang ditangkap diketahui bernama Enes Dapla. 

Enes Dapla ditangkap tim Satgas Damai Cartenz bersama 2 rekannya di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Saat ditangkap Enes Dapla membawa uang Rp100 juta untuk membeli senjata api.

"Uang sebesar Rp100 juta itu diduga dirampas dari kepala kampung dan akan digunakan untuk membeli senjata api," katanya dilansir Antara, Minggu, 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:

Dijelaskan, anggota KKB yang ditangkap yaitu Enes Dapla bersama dua rekannya, saat mereka melintas menuju jalan Gunung dengan berboncengan tiga menggunakan sepeda motor.

Penangkapan dilakukan Sabtu (19/10) sekitar pukul 16.55 WIT.

"Saat ini ketiganya beserta barang bukti masih terus diperiksa penyidik di Mapolres Yahukimo di Dekai," kata Brigjen Pol Faizal Rahmadani.

Brigjen Pol Faizal yang juga menjabat sebagai Waka Polda Papua mengatakan, selain uang, juga diamankan surat edaran berisi instruksi penggalangan dana dari desa untuk mendukung Papua Merdeka dan pembelian senjata dan amunisi serta satu buah motor merk Honda Beat berwarna hitam.

Surat edaran tersebut ditandatangani oleh Elkius Kobak, yang merupakan pimpinan KKB Kodap XVI Yahukimo, kata Brigjen Pol Faizal Rahmadani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: