Cara Terbaik Pemakaian Softlens untuk Penglihatan yang Nyaman dan Aman

Cara Terbaik Pemakaian Softlens untuk Penglihatan yang Nyaman dan Aman

Softlens/ilustrasi-ilustrasi-berbagai sumber

Mata Anda mungkin menjadi kering setelah beberapa jam menggunakan softlens. Untuk menjaga kenyamanan dan kelembapan mata, gunakan tetes mata yang dirancang khusus untuk pengguna softlens.

Hindari tetes mata yang mengandung pengawet atau bahan kimia yang bisa merusak lensa atau menyebabkan iritasi pada mata.

8. Rutin Ganti Softlens

Berdasarkan jenis softlens yang digunakan, pastikan Anda menggantinya secara rutin. Softlens harian harus dibuang setelah satu kali pemakaian, sedangkan softlens mingguan atau bulanan harus diganti sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan. Menggunakan softlens yang sudah melewati masa pakainya dapat menyebabkan infeksi mata, iritasi, atau ketidaknyamanan.

9. Hindari Menggunakan Softlens dalam Situasi Tertentu

Ada beberapa kondisi di mana sebaiknya Anda tidak menggunakan softlens, seperti:

  • Berenang: Air di kolam renang mengandung bakteri dan bahan kimia yang dapat menempel pada softlens dan menyebabkan infeksi.
  • Mandi: Air mandi juga dapat membawa bakteri yang berisiko bagi kesehatan mata.
  • Saat Mata Teriritasi atau Sakit: Jika mata Anda sedang teriritasi, merah, atau sakit, sebaiknya hindari penggunaan softlens dan konsultasikan dengan dokter mata.

10. Bersihkan Tempat Penyimpanan Softlens Secara Rutin

Tempat penyimpanan softlens juga harus dibersihkan dan diganti secara rutin. Bilas wadah penyimpanan dengan cairan pembersih softlens setiap kali setelah digunakan dan biarkan kering di udara terbuka. Gantilah wadah penyimpanan minimal setiap 1-3 bulan sekali untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

11. Konsultasi Rutin ke Dokter Mata

Penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin, terutama jika Anda menggunakan softlens. Dokter mata dapat memeriksa kesehatan mata Anda, memastikan bahwa softlens yang Anda gunakan sesuai, serta memberikan rekomendasi terkait jenis softlens yang paling cocok untuk kondisi mata Anda.

Menggunakan softlens memang memberikan kenyamanan dan kepraktisan bagi banyak orang. Namun, untuk memastikan bahwa pemakaian softlens tetap aman dan nyaman, sangat penting untuk mengikuti langkah-langkah yang benar dalam menjaga kebersihan,.

Beberapa diantaranya mengganti softlens secara teratur, dan berkonsultasi dengan dokter mata secara rutin. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati manfaat softlens tanpa harus mengorbankan kesehatan mata Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: