12 Oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Salah Satunya Kopi Lampung

12 Oleh-oleh Khas Lampung yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Salah Satunya Kopi Lampung

Ilustrasi keripik pisang cokelat, oleh-oleh khas Lampung --Instagram @lexs.indonesia

6. Kemplang

Kemplang adalah kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka. Rasanya gurih dan renyah, membuatnya cocok sebagai teman makan atau camilan ringan. Kemplang sering dijual dalam berbagai ukuran dan bisa dinikmati dengan cocolan sambal terasi.

7. Engkak Ketan

Engkak ketan adalah kue tradisional Lampung yang terbuat dari tepung ketan dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang legit. Biasanya, engkak ketan disajikan dalam potongan kecil dan cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi.

BACA JUGA:

8. Seruit

Seruit adalah makanan khas Lampung yang biasanya disajikan saat acara keluarga atau perayaan. Terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (fermentasi durian), dan lalapan. 

Meskipun tidak bisa dibawa pulang dalam bentuk siap makan, kamu bisa membawa bahan-bahannya sebagai oleh-oleh untuk memasak sendiri di rumah.

9. Lempok Durian

Lempok durian adalah penganan sejenis dodol yang terbuat dari daging buah durian asli. Teksturnya kenyal dengan rasa manis dan aroma durian yang kuat. Lempok ini sangat digemari oleh pecinta durian dan sering dijadikan oleh-oleh khas Lampung.

10. Pindang Patin Kaleng

Jika kamu ingin membawa oleh-oleh berupa hidangan tradisional Lampung yang praktis, pindang patin kaleng adalah pilihan yang tepat. Pindang patin adalah masakan ikan dengan kuah asam dan pedas yang kaya rempah. Dalam bentuk kaleng, makanan ini bisa dibawa pulang dan dinikmati kapan saja.

11. Kerupuk Cumi

Selain kemplang, kerupuk cumi juga menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari Lampung. Terbuat dari cumi-cumi segar yang diolah dan digoreng hingga kering, kerupuk ini memiliki cita rasa laut yang gurih dan renyah. Sangat cocok sebagai camilan atau pelengkap makanan berat.

12. Tapis Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: