10 Tips Mengontrol Hipertensi: Kurangi Asupan Garam hingga Kelola Stres dengan Bijak

10 Tips Mengontrol Hipertensi: Kurangi Asupan Garam hingga Kelola Stres dengan Bijak

Hipertensi/ilustrasi-ilustrasi-berbagai sumber

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Berhenti merokok tidak hanya akan membantu menurunkan tekanan darah, tetapi juga mengurangi risiko berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah.

9. Pantau Tekanan Darah Secara Teratur

Memantau tekanan darah secara rutin sangat penting untuk mengetahui apakah langkah-langkah yang diambil efektif dalam mengontrol hipertensi. Anda bisa membeli alat pengukur tekanan darah digital untuk digunakan di rumah, atau memeriksanya secara berkala di fasilitas kesehatan.

  • Catat hasil pengukuran untuk memantau perkembangan tekanan darah dari waktu ke waktu.
  • Bicarakan dengan dokter jika tekanan darah tetap tinggi meskipun sudah mengikuti tips di atas.

10. Konsumsi Obat Sesuai Anjuran Dokter

Jika tekanan darah tetap tinggi meskipun sudah melakukan perubahan gaya hidup, dokter mungkin akan meresepkan obat antihipertensi. Penting untuk mengikuti resep dan jadwal pengobatan yang telah ditetapkan dokter, serta berkonsultasi secara rutin untuk evaluasi lebih lanjut.

Mengontrol hipertensi memerlukan komitmen terhadap perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Dengan mengikuti tips-tips di atas, penderita hipertensi dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi serius di masa depan.

Selain itu, selalu berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan panduan yang tepat dalam pengelolaan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: