Model Soal TIU CPNS 2024 yang Pasti Keluar saat Tes SKD, Catat Contoh Soal dan Kunci Jawabannya

Model Soal TIU CPNS 2024 yang Pasti Keluar saat Tes SKD, Catat Contoh Soal dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal TIU SKD CPNS 2024--Radarpena

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tes Intelegensi Umum (TIU) merupakan salah satu bagian penting dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Soal-soal TIU dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir logis, analitis, dan kemampuan verbal serta numerik. 

Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi SKD CPNS 2024, berikut ini jenis-jenis soal TIU yang perlu Anda ketahui dan juga kami sajikan beberapa model soal TIU yang sering muncul beserta contoh soal dan kunci jawabannya.

Jenis-Jenis Soal TIU yang Sering Muncul

Soal TIU pada umumnya mencakup beberapa jenis, antara lain:

  • Penalaran Logis: Meliputi soal silogisme, analisa kasus, dan deret logika. Soal ini mengukur kemampuan Anda dalam menarik kesimpulan dari suatu premis.
  • Penalaran Analitis: Meliputi soal analogi, sebab akibat, dan pengelompokan. Soal ini mengukur kemampuan Anda dalam membandingkan, mengklasifikasikan, dan menemukan hubungan antara konsep-konsep.
  • Kemampuan Verbal: Meliputi soal sinonim, antonim, dan pemahaman bacaan. Soal ini mengukur penguasaan Anda terhadap kosakata dan kemampuan memahami teks.
  • Kemampuan Numerik: Meliputi soal aritmatika, aljabar, dan geometri. Soal ini mengukur kemampuan Anda dalam menghitung dan menyelesaikan masalah matematika.

BACA JUGA:

Contoh Soal TIU dan Kunci Jawaban 

1. Siswa yang tidak dapat berenang adalah siswa SMP A. SMA B adalah sekolah yang memiliki atlet renang remaja. Kesimpulan dari kedua premis di atas adalah ...

A. Semua siswa yang tidak dapat berenang adalah atlet renang 

B. Sebagian siswa SMA B tidak dapat berenang 

C. Tidak ada siswa SMP A yang menjadi atlet renang remaja 

D. Sebagian siswa SMP A adalah siswa SMA B 

E. Tidak ada siswa SMA B yang tidak dapat berenang 

Jawaban: C

2. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan data nilai pelajaran Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi siswa kelas 12 di SMA Harapan Bangsa dalam seleksi Olimpiade Nasional: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: