Peringatan Hari Olahraga Nasional 9 September 2024: Tema, Sejarah, dan Cara Merayakannya

Peringatan Hari Olahraga Nasional 9 September 2024: Tema, Sejarah, dan Cara Merayakannya

Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional ke-41 pada 9 September 2024. Adapun tema yang diangkat adalah "Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara".-Kemenpora--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-41 yang jatuh pada tanggal 9 September 2024.

Hari olahraga nasional memiliki sejarah panjang yang bermula dari tahun 1948. Ketika itu, Indonesia hendak mengikuti Olimpiade pertamanya di London, Inggris.

Diadakannya peringatan ini tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada semua orang yang menyempatkan diri untuk berolahraga.

BACA JUGA:14 Agustus Peringatan 63 Tahun Hari Pramuka, Simak Tema dan Makna Logo

BACA JUGA:Peringatan 12 Agustus 2024 Hari UMKM Nasional, Simak Sejarah dan Maknanya

Tema Hari Olahraga Nasional 2024

Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional 2024, tema yang diangkat tahun ini adalah "Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara".

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 9.3.30 Tahun 2024 Tentang Penyelenggaraan Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional XLI Tahun 2024.

Adapun tujuan dari penentuan tema HAORNAS 2024 Bersama saling berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan peningkatan kebugaran masyarakat sehingga mampu menghasilkan calon-calon olahragawan berprestasi kelas dunia.

Sejarah Hari Olahraga Nasional (HAORNAS)

Hari olahraga nasional adalah hari yang dirayakan setiap tanggal 9 September. Hari olahraga nasional memiliki sejarah panjang yang bermula dari tahun 1948. 

Ketika itu, Indonesia hendak mengikuti Olimpiade pertamanya di London, Inggris. Namun, atlet Indonesia ditolak administratif karena negara Indonesia belum diakui secara luas di dunia. 

Meskipun ditawari menggunakan paspor Belanda, Indonesia menolaknya dan bersedia bertanding mewakili bangsa sendiri. 

Sebagai respons, ketua Komite Olimpiade Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, bersama dengan Persatuan Olahraga Republik Indonesia, sekarang dikenal sebagai Komite Olahraga Nasional Indonesia - KONI), menginisiasi Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tanggal 9 September 1948 di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: