10 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

10 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

Cara menurunkan resiko serangan jantung koroner Foto : Disway --

9. Tomat

Tomat mengandung senyawa penting seperti karotenoid, kalsium, vitamin A dan asam gamma-aminobutyric yang menjadikannya makanan sehat untuk jantung. 

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jus tomat tawar dalam 8 minggu mampu menurunkan kadar trigliserida, yaitu jenis lemak yang dapat menyebabkan penyakit aterosklerosis (penyempitan pembuluh arteri akibat penumpukan plak). 

10. Kacang 

Kacang merupakan makanan sehat untuk jantung karena mengandung fitonutrien yang tinggi. Lebih dari itu, kacang juga kaya akan serat dan air, sehingga bisa membuat Anda menjadi lebih cepat kenyang.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa 80% kandungan pada kacang adalah lemak sehingga kalorinya cukup tinggi. Untuk itu, porsi konsumsi kacang harus dibatasi yaitu sekitar 600 gram kacang tawar per minggu.

Jadi, itulah beberapa daftar makanan sehat untuk jantung yang bagus dikonsumsi, baik untuk penderita jantung maupun bukan. Membiasakan pola hidup sehat bisa dimulai dari hal terkecil seperti konsumsi makanan sehari-hari.

Dengan mengikuti pola makan sehat ini, penderita jantung dapat membantu menjaga kondisi jantung mereka tetap optimal dan mengurangi risiko komplikasi. 

Selain itu, penting juga untuk mengombinasikan pola makan sehat dengan olahraga teratur dan manajemen stres yang baik untuk mencapai kesehatan jantung yang maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: