5 Bahan Alami Ampuh Usir Bau Ketiak Tanpa Deodorant Ala Kemenkes, Begini Caranya

5 Bahan Alami Ampuh Usir Bau Ketiak Tanpa Deodorant Ala Kemenkes, Begini Caranya

Ilustrasi ada beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan aroma tidak sedap pada ketiak ala Kementerian Kesehatan.--Freepik

Cara memanfaatkan bunga kecombrang dengan menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya. Lalu gunakan hasil tumbukan itu sebagai sabun pada tubuh setiap kali kamu mandi.

2. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau ketiak. Selain itu kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik. Kamu bisa mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan. Cukup ambil segenggam kemangi setiap pagi dan sore. 

Namun, jika kamu tidak menyukai daun kemangi sebagai lalapan, kamu bisa mengolahnya menjadi teh dengan menjemur daun kemangi hingga kering. Kemudian tumbuk hingga halus. Selesai ditumbuk, seduh dengan air panas lalu disaring. Minumlah teh tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan sumber antioksidan dan antibakteri yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi bau ketiak. Caranya, aplikasikan langsung gel lidah buaya ke ketiak, diamkan semalaman. Saat pagi hari, bilas hingga bersih.

BACA JUGA:Tips Mencegah Ketiak Gelap: Rahasia Kulit Ketiak yang Cerah dan Terawat

BACA JUGA:Cara Hilangkan Bau Ketiak Secara Alami, Salah Satunya Dengan Cuka Apel

4. Rebusan Daun Sirih

Daun sirih sejak dulu sudah dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan salah satunya dapat menghilangkan bau ketiak. Kamu bisa memanfaatkan rebusan air daun sirih untuk menghilangkan bau ketiak.

Cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau ketiak adalah petik beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan beberapa gelas air. Air rebusan ini lalu dituang ke baskom/ember untuk mandi. Lakukan cara ini setiap mandi pagi dan sore hari.

5. Baking soda dan lemon

Bahan alami terakhir yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan campuran baking soda dan lemon.

Campurkan dua sendok baking soda dengan satu sendok perasan lemon. Aduk hingga membentuk pasta, kemudian oleskan di kulit ketiak dengan gerakan memutar selama 10 menitan baru bilas dengan air bersih. Kemampuan baking soda menyerap bau tak sedap dan kemampuan perasan lemon yang membunuh bakteri, bisa mengurangi bau ketiak yang tak sedap.

Nah itulah tadi beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan aroma tidak sedang pada tubuh atau bau ketiak tanpa harus menggunakan deodorant yang justru bisa merusak pakaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: