Baik untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh, Inilah Manfaat Dibalik Biji Habbatussauda yang Penuh Khasiat

Baik untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh, Inilah Manfaat Dibalik Biji Habbatussauda yang Penuh Khasiat

Foto ilustrasi: biji habbatussauda.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam habbatussauda, terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh antara lain dari serat, protein, kalsium, zinc, zat besi, fosfor, vitamin dan antioksidan, seperti flavonoid, carvacrol dan thymoquinone. 

Ibnu Sina, seorang ilmuwan Persia yang pertama kali meneliti manfaat habbatussauda juga menemukan bahwa biji jintan hitam mampu mengobati sesak nafas.

Selain itu, habbatussauda juga bagus untuk merangsang produksi asi, obat cacingan, membantu melemaskan otot dan meningkatkan sistem imun. 

Nigella sativa merupakan tanaman yang tumbuh pada kawasan Asia Barat, Timur Tengah, Eropa Selatan, dan Afrika Utara. Tumbuhan semak ini memiliki buah dengan bentuk seperti biji hitam kecil yang bernama habbatussauda.

BACA JUGA:

Di Indonesia, habbatussauda populer dengan nama jintan hitam. Masyarakat mengolah tanaman ini untuk mendapatkan ekstrak minyak yang dipakai dalam pengobatan tradisional. Jika mengoleskannya bisa memberikan manfaat bagi kulit dan rambut. Faktanya, manfaat tanaman herbal ini tentu lebih dari itu.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat habbatussauda bagi kesehatan.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension menemukan, dengan mengonsumsi ekstrak habbatussauda secara rutin, dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan.

Membantu Menurunkan Gejala Asma

Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan saluran pernapasan. Kondisi ini memicu penyempitan otot pada area tersebut sehingga mengakibatkan pengidapnya kesulitan bernapas. Gejala tersebut bisa kamu atasi dengan menggunakan minyak jintan hitam. Nutrisi pada tanaman ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot saluran pernapasan. Dengan begitu, gejala asma bisa membaik.

Melawan Bakteri dalam Tubuh

Dalam Journal of Ayub Medical College Abbottabad yang dipublikasikan pada tahun 2008, ditemukankomponen dalam habbatussauda mampu menghambat pertumbuhan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Sebagai informasi, MRSA adalah spesiesbakteri yang kebal antibiotik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: