Peringatan 12 Agustus 2024 Hari UMKM Nasional, Simak Sejarah dan Maknanya

Peringatan 12 Agustus 2024 Hari UMKM Nasional, Simak Sejarah dan Maknanya

Ilustrasi Hari UMKM Nasional diperingati setiap tanggal 12 Agustus sekaligus sebagai penghormatan kepada Bung Hatta yang lahir di tanggal yang sama-SmestaKemenkopukm--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di Indonesia setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai Hari UMKM Nasional. Peristiwa yang terbentuk sejak tahun 2016 di Yogyakarta ini, menandakan sewindu sudah peringatan ini dirayakan.

Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) merupakan inisiator Kongres UMKM yang telah menghasilkan Piagam Yogyakarta, yang mana salah satu poinnya adalah deklarasi tanggal 12 Agustus sebagai Hari UMKM Nasional.

Tidak banyak yang tahu mengenai sejarah dan makna dari Peringatan Hari UMKM Nasional. Maka dari itu, penting untuk dipelajari mengenai sejarah dan makna dari peringatan ini.

BACA JUGA:Peringatan Hari Anak Nasional 2024 ke-40 Tahun: Inilah Tema, Makna Logo, dan Sejarah HAN

BACA JUGA:Peringatan Hari Hepatitis Sedunia Setiap 28 Juli, Saatnya Cegah dan Lawan Hepatitis Bersama!

Sejarah Peringatan Hari UMKM Nasional

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia.

Hal ini tidak terlepas dari kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi yang mampu menyerap tenaga kerja dan juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Atas dasar itu, untuk mengapresiasi peran penting dari sector UMKM, pemerintah Indonesia secara resmi menetapkan tanggal 12 Agustus sebagai Peringatan Hari UMKM Nasional.

Penetapan Hari UMKM Nasional bermula dari Kongres Nasional UMKM dan Temu Nasional Pendamping ke-2 (TNP 2) yang digelar pada tanggal 25-26 Mei 2016 di Yogyakarta. Kongres ini dihadiri oleh ratusan pendamping koperasi dan UMKM dari seluruh Indonesia.

Dalam kongres tersebut, para peserta sepakat untuk menetapkan tanggal 12 Agustus sebagai Hari UMKM Nasional. 

Selain itu, alasan lain dari penetapan tanggal 12 Agustus sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak Koperasi Indonesia, Muhammad Hatta, yang lahir pada tanggal yang sama. 

Bung Hatta dikenal sebagai sosok yang sangat memperhatikan pengembangan ekonomi rakyat dan koperasi.

Makna Peringatan Hari UMKM Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: