7 Makanan Mengandung Vitamin D: Sumber Alami untuk Kesehatan Tulang dan Imunitas

7 Makanan Mengandung Vitamin D: Sumber Alami untuk Kesehatan Tulang dan Imunitas

Ilustrasi foto: jenis ikan yang mengandung vitamin D tinggi yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. --Pinterest.com

5. Produk Susu dan Sereal yang Diperkaya

Beberapa produk susu, yogurt, dan sereal diperkaya dengan vitamin D. Ini berarti vitamin D ditambahkan ke dalam produk selama proses produksi.

Konsumsi susu atau sereal yang diperkaya bisa membantu menambah asupan vitamin D terutama bagi mereka yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari.

6. Hati Sapi

Hati sapi adalah sumber vitamin D yang mungkin kurang populer, tetapi tetap efektif. Sekitar 100 gram hati sapi mengandung sekitar 50 IU vitamin D. Selain itu, hati sapi juga kaya akan nutrisi lain seperti vitamin A dan zat besi.

7. Sereal dan Jus Jeruk yang Diperkaya

Beberapa produk sereal dan jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D juga dapat menjadi sumber yang baik, terutama jika dikonsumsi secara teratur sebagai bagian dari sarapan.

Manfaat Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor, dua mineral esensial untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah tulang seperti osteoporosis pada orang dewasa dan rakhitis pada anak-anak.

Selain itu, vitamin D juga mendukung fungsi kekebalan tubuh, mengurangi risiko infeksi, dan berperan dalam regulasi suasana hati serta pencegahan penyakit kronis.

Kesimpulan

Memastikan asupan vitamin D yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D, seperti ikan berlemak, minyak ikan, kuning telur, jamur, dan produk yang diperkaya,

Anda dapat mendukung kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh Anda. Jika diperlukan, suplemen vitamin D juga dapat menjadi alternatif, terutama bagi mereka yang kurang mendapatkan paparan sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: