Sumber Karbohidrat Alternatif Pengganti Nasi yang Mudah Ditemukan dan Cocok untuk Program Dietmu!

Sumber Karbohidrat Alternatif Pengganti Nasi yang Mudah Ditemukan dan Cocok untuk Program Dietmu!

Ilustrasi foto: Karbohidrat pengganti nasi.--Pinterest.com

Oatmeal


Ilustrasi menu diet-Foto: Unsplash.com/Unsplash+-

Oatmeal juga merupakan makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa kamu pilih. Serat dalam oatmeal dapat membantu kamu agar kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Namun, biasanya kamu memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Hal inilah yang harus diperhatikan karena terkadang makanan yang ditambahkan ke dalam oatmeal justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

BACA JUGA:

Jagung 

Jagung adalah tanaman biji-bijian yang memiliki warna kuning, putih, atau merah. Jagung mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan seng. Jagung juga mengandung beta karoten yang bisa diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Jagung bisa dimakan dengan cara direbus atau dipanggang. Jagung juga bisa dijadikan tepung jagung atau popcorn.

Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebagai makanan pengganti nasi untuk diet, quinoa merupakan sumber karbohidrat yang kaya serat. Kelebihan lain yang dimiliki quinoa adalah bebas gluten, mengandung 9 jenis asam amino, dan dilengkapi 3 senyawa antikanker.

Buah-buahan

Buah-buahan adalah sumber karbohidrat alami yang juga mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Buah-buahan bisa memberikan rasa manis yang berasal dari gula alami yang bisa diubah menjadi energi oleh tubuh. Beberapa buah-buahan yang baik untuk diet adalah apel, pisang, jeruk, kiwi, dan beri-berian.

Nah, itulah beberapa pilihan alternatif karbohidrat untuk pengganti nasi yang dapat kamu pilih untuk kesehatan tubuh dan menu diet yang sehat. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: