8 Buah Penangkal Depresi: Menjaga Kesehatan Mental dengan Cara Alami

8 Buah Penangkal Depresi: Menjaga Kesehatan Mental dengan Cara Alami

Buah Alpukat disebut baik untuk Penangkal Depresi--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Depresi adalah gangguan mental yang dapat mempengaruhi perasaan, pikiran, dan perilaku seseorang. Pengobatan medis dan terapi psikologis sering kali diperlukan, namun pola makan yang sehat juga dapat berperan penting dalam mengelola gejala Depresi.

Beberapa jenis buah diketahui memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menangkal depresi.

Berikut adalah beberapa buah yang dapat menjadi pilihan dalam menjaga kesehatan mental Anda:

1. Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6, yang berperan dalam produksi serotonin, neurotransmitter yang berfungsi mengatur suasana hati. Kandungan magnesium dalam pisang juga membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Serotonin yang cukup dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan perasaan bahagia.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak omega-3, yang dikenal dapat meningkatkan fungsi otak dan mengurangi peradangan. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B dan folat, yang berkontribusi dalam produksi neurotransmitter yang berperan dalam regulasi suasana hati.

3. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan tinggi, seperti flavonoid, yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat stres oksidatif. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi blueberry secara teratur dapat meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati, serta mengurangi risiko depresi.

4. Jeruk

Jeruk dan buah sitrus lainnya kaya akan vitamin C, yang dikenal dapat mengurangi tingkat kortisol, hormon stres. Vitamin C juga berperan dalam produksi neurotransmitter seperti dopamine, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi.

5. Stroberi

Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat membantu melawan peradangan dan stres oksidatif. Kandungan folat dalam stroberi juga membantu dalam produksi serotonin, sehingga dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

6. Kiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: